Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Kapan Dibuka? Ini Bocorannya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 320 2360875 pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-12-kapan-dibuka-ini-bocorannya-PfyLS1eaQV.jpg Kartu Prakerja (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah memastikan melanjutkan Program Kartu Prakerja tahun ini. Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 pun tinggal menunggu lampu hijau.

Lalu kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka?

Baca Juga: Ini Syarat Pekerja Dapat Bantuan Rp3,5 Juta dari Kartu Prakerja 

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu mengatakan, pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 akan dibuka setelah ada keputusan Komite Cipta Kerja (KCK) yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Pembukaan gelombang 12 akan kami umumkan begitu ada keputusan dari Komite Cipta Kerja (KCK)," kata Louisa kepada Okezone, Jakarta, Jumat (12/2/2021).

Lalu bagaimana cara daftarnya?

Sebelum mendaftar pastikan kalian memenuhi syarat seperti.

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Berusia di atas 18 tahun.

3. Tidak sedang melakukan kuliah atau sekolah.

4. Bukan merupakan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, anggota Kepolisian, Kepala desa dan perangkat desa, Direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada BUMN/BUMD.

Calon peserta juga sebaiknya memahami tahapan-tahapan untuk mendaftar, sebagai berikut:

1. Buka laman www.prakerja.go.id

2. Klik 'daftar'. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Pilih 'Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku' dan daftar.

3. Setelah itu, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data melalui email. Kemudian Verifikasi data dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir.

4. Verifikasi telepon dengan masukkan data diri dan nomor HP. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS.

5. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun. Saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.

6. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online

7. Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka

8. Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja Gelombang 12.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini