4 Fakta Bansos dan Padat Karya Dilanjutkan, Cek Pesan Jokowi

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 320 2361822 4-fakta-bansos-dan-padat-karya-dilanjutkan-cek-pesan-jokowi-CO8J51AGjo.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo berharap agar program bantuan sosial (bansos) diperbanyak. Selain itu diharapkan program padat karya juga bisa digenjot.

Tujuannya agar masyarakat bisa terbantu ini tengah pandemi covid-19 seperti saat ini. Sehingga diharapkan bisa membantu daya beli dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

Baca juga:Prakerja Bukan Cuma untuk Pengangguran, Pekerja Bisa Daftar dan Dapat Rp3,5 Juta

Ada sejumlah fakta menarik dari perintah Jokowi mengenai bansos dan juga padat karya ini. Berikut Okezone telah merangkumnya pada Senin (15/2/2021) :


1. Jokowi Minta Bansos dan Padat Karya Diperbanyak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pemerintah daerah untuk memperbanyak program padat karya di daerah serta melanjutkan program bantuan sosial (Bansos). Pasalnya hal ini berkaitan erat dengan masalah perekonomian daerah.

Baca juga: 8 Fakta Menarik BLT UMKM hingga Bansos Tunai Cair

2. Bisa Memperkuat Daya Beli

Presiden menyebu adanya Bansos dan Padat Karya bisa memperkuat daya beli masyarakat. Sehingga perekonomian Indonesia termasuk daerah juga bisa didongkrak.

“Ini bisa memperkuat daya beli masyarakat meningkatkan konsumsi masyarakat. Dan satu-satunya penggerak perekonomian masyarakat sekarang ini adalah belanja pemerintah, belanja APBN dan belanja APBD. Dan masyarakat di bawah harus diberikan penghasilan yang seluas-luasnya, diberikan pekerjaan yang seluas-luasnya,” ucap Jokowi.

3. Contoh Program Padat Karya

Presiden Jokowi mengatakan, banyak program padat karya yang bisa dilakukan di daerah. Mulai dari perbaikan jalan kampung, puskesmas, posyandu hingga sekolah.

Menurutnya padat karya ini selain memperbaiki infrastruktur pemerintah juga dapat memberikan penghasilan kepada masyarakat

“Lakukan dengan padat karya. Saya kira banyak sekali, sehingga tercipta lapangan kerja. Dan kita bayar gajinya, mereka akan meningkatkan konsumsi. Sehingga meningkatkan daya beli, sehingga ada demand di ekonomi kita,” kata Jokowi.

4. Jokowi Minta Bansos Diminta Sasar Masyarakat Lapisan Bawah

Pada kesempatan itu Jokowi juga meminta agar program bantuan sosial (bansos) terus dilanjutkan. Terutama untuk masyarakat lapisan bawah.

“Tetap lanjutkan terus pemberian bantuan sosial. Terutama sembako pada masyarakat lapisan bawah dan kelompok masyarakat yang tidak bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari program padat karya. Ini perlu dibantu dengan bansos,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini