Begini Cara Buat Rencana Pengeluaran agar Tak Boros

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 05:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 622 2362387 begini-cara-buat-rencana-pengeluaran-agar-tak-boros-ceYpDgcbSG.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Mengelola keuangan memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa mempelajarinya. Menjadi tantangan tersendiri untuk mengeluarkan uang sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.

Tentunya setiap pengeluaran harus diperhatikan dengan cermat. Jangan sampai pengeluaran melebihi nominal pemasukan yang didapat.

Melansir dari The Balance, Selasa (16/2/2021) ini tiga cara yang bisa dilakukan untuk membantu merencanakan pengeluaran setiap bulannya.

 Baca juga: Pentingnya Dana Darurat, Investasi Jangka Panjang hingga Biaya Renovasi Rumah

Prioritaskan Pengeluaran

Mulailah membagi pengeluaran dengan tiga kategori sederhana, yaitu kebutuhan, keinginan, dan tabungan. Kebutuhan merupakan semua biaya yang harus dibayar dan terjadi berulang-ulang. Mencakup semua yang dibutuhkan untuk keperluan hidup seperti biaya makan, sewa bulanan, pembayaran hipotek, utilitas, pembayaran asuransi, pinjaman, dan lainnya.

Keinginan merupakan hal-hal tertentu dalam hidup yang memberikan kegembiraan. Namun prioritasnya tidak segenting kebutuhan. Misalnya, ingin berjalan-jalan, membeli pakaian atau tas baru, makan di restoran dan lainnya. Sedangkan tabungan merupakan bekal untuk masa depan. Hal ini mencakup biaya hidup selama tiga hingga enam bulan, untuk dana darurat, dapat juga untuk melunasi utang, dan berinvestasi untuk masa pensiun.

 

Evaluasi Pengeluaran

Lakukan evaluasi dan peninjauan kembali terhadap pengeluaran selama satu bulan. Teliti apakah semua pengeluaran yang ditetapkan sudah sesuai dengan pemasukan atau belum. Tinjau ulang daftar konsumsi secara rinci. Kemudian dapat diketahui pengeluaran terbesar untuk apa dan kemungkinan belanja tersebut bisa ditekan.

Tips yang bisa dilakukan untuk membantu mengevaluasi pengeluaran, dengan menggunakan sistem pembagian 50/30/20. Ini merupakan cara untuk mengalokasikan anggaran menjadi tiga kategori, yaitu 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tujuan keuangan.

Terapkan Pengalokasian Pengeluaran

Dengan sistem 50/30/20, cara penerapannya adalah, hitung gaji bulanan kemudian ditambah pendapatan lain di luar gaji. Setelah itu buat catatan rencana pengeluaran berdasarkan tiga kategori tersebut.

Plot-plotkan rencana yang sudah dibuat, setelah itu sisihkan uang berdasarkan perhitungannya. Jika sudah diterapkan, coba bandingkan dengan keadaan finansial sebelum melakukan tips ini. Dijamin finansial lebih teratur dan terkelola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini