Pentingnya Dana Darurat, Investasi Jangka Panjang hingga Biaya Renovasi Rumah

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 622 2361295 pentingnya-dana-darurat-investasi-jangka-panjang-hingga-biaya-renovasi-rumah-KH9ajVB0Q5.jpeg Tips Mempersiapkan Dana Pensiun. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Dana darurat merupakan dana yang dipersiapkan untuk menghadapi peristiwa yang tak diketahui dan dalam kondisi darurat. Karena itu, dana darurat sebaiknya perlu disimpan dalam rekening terpisah.

Penggunaan dana darurat penting untuk semua usia, tak terkecuali orang tua pensiunan. Tersedianya dana darurat akan sangat membantu bila terdapat kebutuhan mendadak atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga: Sering Belanja Online, Intip 5 Cara Terhindar dari Hidup Boros

Melansir dari The Balance, Minggu (14/2/2021), berikut manfaat dana darurat untuk pensiunan:

Melindungi investasi jangka panjang.Ketika terjadi resesi akan menarik uang dari akun investasi. Sehinngga menyebabkan kerugian. Jika memiliki uang dalam tabungan darurat, dapat digunakan terlebih dahulu untuk sampai kondisi keuangan kembali pulih.

Baca Juga: Cuan di Tahun Kerbau Logam, Begini Cara Bangkit Setelah Kehilangan Pekerjaan

Bantuan dalam menutupi biaya medis. Tabungan darurat dapat mengisi kesenjangan dalam hal pendanaan perawatan medis. Jika tidak memiliki dana darurat, ketika terjadi masalah kesehatan atau kecelakaan akan sangat sulit karena biayanya yang tidak sedikit. Apalagi jika asuransi tidak menanggung penuh biaya medis.

Meringankan beban kehilangan pekerjaan. Pensiunan yang memiliki pekerjaan paruh waktu atau pasangan masih bekerja tidak selamanya bertahan. Jika dikeluarkan atau mengundurkan diri dari pekerjaan, dana darurat dapat memberikan sumber pendapatan sementara.

Mencakup perbaikan rumah. Jika dilanda masalah mobilitas, seperti u melakukan perbaikan pada rumah, seperti menambahkan mengganti atap bocor, memasang pegangan di kamar mandi, atau memperlebar lorong dan pintu, dana darurat dapat membantu untuk membiayainya. Jadi tidak perlu menggunakan dana pensiun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini