Tips Lunasi Utang Kartu Kredit

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 622 2363717 tips-lunasi-utang-kartu-kredit-RD8XxP5Mbq.jpg Kartu Kredit (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Memiliki kartu kredit tentu akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Namun lagi-lagi persoalan pembayarannya menjadi hal terberat bagi pengguna,

Melunasi utang kartu kredit tidak semudah menggunakannya. Namun hal itu bisa dilakukan dengan rencana, dan disiplin.

Langkah pertama untuk melunasi utang adalah dengan membuat anggaran bulanan. Untuk mengetahui seberapa banyak pengguna mampu membayar. Jika belum memiliki anggaran, mulailah dengan menambahkan pendapatan bulanan.

Baca Juga: 10 Tanda Utang Kartu Kredit Sudah di Luar Kendali

Jumlahkan semua pengeluaran bulanan, termasuk pembayaran minimum untuk semua kartu kredit dan pinjaman. Kurangi pengeluaran dari penghasilan. Jumlah yang didapat adalah pendapatan bersih, apa yang tersisa setelah membayar semua pengeluaran. Inilah yang harus dibayar ke kreditor setiap bulan.

Melansir dari The Balance, Kamis (18/2/2021) ada dua metode yang bisa dilakukan untuk melunasi utang kartu kredit.

Pertama, menggunakan metode pelunasan kartu kredit dengan tingkat bunga tertinggi. Hal ini akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Melunasi utang dengan suku bunga tinggi akan mengurangi jumlah biaya keuangan yang dibayarkan.

 

Namun jika kartu dengan suku bunga tertinggi juga memiliki saldo tertinggi, maka akan memakan waktu paling lama untuk dilunasi. Sangat mudah kehilangan motivasi untuk melunasi hutang Anda ketika itu memakan waktu terlalu lama.

Kedua, menggunakan metode pelunasan saldo terendah dulu. Metode ini juga mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Ada manfaat nyata langsung untuk melunasi kartu kredit dengan saldo terendah terlebih dahulu. Sebab saldo pertama lebih mudah dan lebih cepat untuk dilunasi.

Jika ingin cepat menyelesaikan beberapa akun dengan cepat, pilih hutang dengan saldo rendah sebagai permulaan. Ketika akhirnya melunasi tagihan, ada perasaan lega dan memotivasi diri untuk bisa melunasi utang lainnya.

Memilih di antara kedua metode ini bisa jadi sulit. Namun Ketika sudah memilih metode mana yang terbaik, tuliskan utang dalam urutan yang akan dibayarkan, baik dari suku bunga tertinggi hingga suku bunga terendah atau dari saldo terendah hingga saldo tertinggi. Tuliskan suku bunga, saldo, pembayaran minimum. Kemudian, alokasikan semua uang ekstra yang dimiliki untuk melunasi kartu kredit di bagian pertama dalam daftar.

Setelah benar-benar melunasi kartu kredit pertama, coret dari daftar dan fokuskan pada kartu berikutnya dalam daftar. Seperti sebelumnya, taruh semua uang yang ada untuk kartu kredit itu. Lanjutkan proses ini hingga semua kartu kredit telah lunas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini