ICBP dan PepsiCo Pisah, Lays hingga Cheetos Bakal Hilang 3 Tahun?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 278 2364005 icbp-dan-pepsico-pisah-lays-hingga-cheetos-bakal-hilang-3-tahun-BNa4l0pVmz.jpg Doritos dan Cheetos (Shutterstock)

JAKARTA - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) membeli 49 persen saham Pepsico di PT Indofood Fritolay Makmur (IFL). Hal ini membuat IFL akan menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk PepsiCo di Indonesia pada bulan Agustus 2021.

Dari keterbukaan informasi, Jakarta, Kamis (18/2/2021), Fritolay, PepsiCo dan atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama 3 tahun sejak berakhirnya masa transisi atau sejak Agustus 2021.

 Baca juga: Resmi 'Cerai', Indofood CBP Borong Saham PepsiCo di IFL Rp494 Miliar

Menanggapi hal tersebut, untuk periode tiga tahun sejak Agustus 2021, PepsiCo dan afiliasinya sepakat untuk tidak memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan yang bersaing dengan produk IFL di Indonesia.

Meskipun demikian, Indonesia memiliki prospek industri makanan ringan yang kuat dan pasar Indonesia akan terus menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan jangka panjang bagi Pepsico dan akan terus menawarkan produk Quaker oat di Indonesia.

 Baca juga: ICBP dan PepsiCo Cerai, Lays hingga Cheetos Bakal Hilang di Agustus

"Kami berharap dapat kembali lagi ke pasar Indonesia dengan produk kami seperti Lays, Doritos dan Cheetos sesegera mungkin, untuk kembali menciptakan lebih banyak senyuman di setiap tegukan dan setiap gigitan," ujar pernyataan resmi Pepsico.

Sebelumnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) telah membeli seluruh saham milik PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang dimiliki Fritolay Netherlands Holding BV (Fritolay) yang terafiliasi dari PepsiCo Inc. Pembelian saham itu tercatat mencapai Rp494 miliar.

Mengutip keterbukaan informasi, Jakarta, Kamis (18/2/2021), perusahaan berkode ICBP ini membeli saham Fritolay sebanyak 49% dari total seluruh saham yang telah diterbitkan IFL. Dana pembelian saham berasal dari kas internal perseroan.

Hal ini membuat kepemilikan saham perseroan (ICBP) dalam IFL bertambah menjadi 99,99% dari total seluruh saham yang diterbitkan oleh IFL. Sebelumnya ICBP memiliki 51% saham IFL.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini