Sandiaga Uno Bicara dengan Menkes soal Vaksinasi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 320 2366150 sandiaga-uno-bicara-dengan-menkes-soal-vaksinasi-pelaku-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-Lp8IvJBfkz.jpg Menpar Sandiaga Uno Bicara soal Vaksinasi Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Foto: Okezone.com)

BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada Maret 2021.

Dikatakan Sandiaga Uno, pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif amat bergantung pada kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan 3M, upaya 3T pemerintah, dan program vaksinasi yang menjadi ujung tombak.

Baca Juga: Menparekraf Cek Obyek Wisata Danau Toba yang Serap Tenaga Kerja

"Malam ini saya akan bicara dengan bapak Menteri Kesehatan bahwa dibeberapa daerah dan 34 juta pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini dapat menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksinasi. Harapannya bisa dimulai segera pada awal atau pertengahan Maret 2021, kick off-nya kita usulkan di Bali. Karena di Bali yang paling terdampak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif-nya," ujar Sandiaga Uno, di Sekolah Tinggi Pariwisata NHI (National Hotel Institute) Bandung, Jawa Barat, Senin (22/2/2021).

Untuk mengatasi sejumlah pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang sudah mulai menjual aset-asetnya karena dampak pandemi Covid-19 yang sudah hampir setahun terakhir melanda Indonesia, Sandiaga Uno akan berupaya membantu skema pinjaman likuditas.

Baca Juga: Menko Luhut Ingin Toilet di Lokasi Wisata 'Rasa' Mal

"Saya sedang menjajaki dengan beberapa institusi keuangan untuk meluncurkan 'Tourism and Creativity Economy Fund'. Ini adalah dana yang dikhususkan untuk memberikan waktu untuk merestrukturisasi dan membangkitkan serta memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya para pemilik-pemilik fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif seperti pemilik hotel, taman rekreasi mereka bisa mendapatkan bantuan likuiditas dan restrukturisasi," tambah Sandiaga Uno.

"Kami sedang bicarakan dengan dana reksa dan teman-teman di sektor pengelolaan keuangan. Bentuknya bukan hibah tapi mekanisme untuk memberikan mereka likuditas agar bisa melakukan restrukturisasi," tutur Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno melihat ada optimisme kebangkitan ekonomi Indonesia pada paruh kedua 2021. Seiring dengan kepatuhan akan protokol kesehatan dibarengi 3T Tracing, Testing, dan Treatment diperbaiki. Terlihat dari Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit juga sudah turun, PPKM dilanjutkan, dan vaksinasi disebarluaskan.

"Di paruh kedua kita bisa melihat awal kebangkitan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga bisa dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Semua sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita sentuh, tapi yang paling banyak menyentuh lapangan pekerjaan, mata pencaharian, program padat karya yang akan kita prioritaskan karena menyangkut hajat hidup orang banyak," jelas Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga melihat setelah masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata akan mengalami perubahan. "Trend-nya jelas berubah, sektor pariwisata lebih berkelanjutan, lebih minat khusus, jumlah tidak masif, lebih berkualitas, waktu tinggal lebih panjang, dan memiliki dampak ekonomi yang signifikan," tandas Sandiaga Uno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini