Air Kunci Kemakmuran, Masyarakat NTT Kegirangan Ada Bendungan Napun Gate

Joni Nura, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 320 2367477 air-kunci-kemakmuran-masyarakat-ntt-kegirangan-ada-bendungan-napun-gate-U7IMawdWSu.png Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gete (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) bersyukur adanya bendungan Napun Gate yang berada di Desa Ilin Medo, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada kemarin.

Selama ini masyarakat NTT kesulitan mengakses air bersih. Masyarakat bersyukur karena selama ini lahan pertanian mereka sulit mendapatkan air. Wilayah ini juga kesulitan mengakses air bersih.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim Hari ini saya resmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur,” kata Jokowi Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Resmikan Bendungan Napun Gete, Jokowi Yakin NTT Akan Lebih Makmur 

Dia mengatakan bahwa produktivitas di wilayah sekitar bendungan harus dimunculkan. Apalagi menurutnya Bendungan ini memiliki daya tampung air yang cukup besar dan mampu mengairi ratusan hektare lahan.

“Bendungan Napun Gete, tadi sudah disampaikan Pak Bupati menyangkut keluasan 99 hektare. Kapasitas tampung airnya bisa 11,2 juta meter kubik. Bisa mengairi 300 hektar. Ini kan sebuah lompatan yg tidak kecil. Tapi produktivitas itu betul-betul harus dimunculkan. Jangan hanya pertaniannya saja. Limbah pertanian bisa dipakai untuk makanan ternak,” ujarnya.

Baca Juga: Sebut Paling Banyak Minta Bendungan, Jokowi: Kunci Kemakmuran NTT Adalah Air 

Jokowi mengaku sudah tidak bisa menghitung berapa kali dirinya menginjakan kaki di tanah Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi mengaku setiap datang ke NTT selalu dimintai bendungan atau waduk.

“Setiap saya datang ke NTT awal-awal selalu yang diminta adalah bendungan, yang diminta adalah waduk. Dan permintaan itu adalah betul. Jangan minta yang lain-lain karena kunci kemakmuran di NTT ini adalah air,” katanya

Bendungan ini merupakan bendungan terbesar di pulau flores, NTT. Kapasitas tampung airnya mencapai 11 juta meter kubik. Bendungan ini rencananya akan digunakan sebagai penyuplai air bersih bagi 300 lebih warga Kabupaten Sikka serta sebagai sumber irigasi pertanian seluas 300 hektare.

Sebelum meresmikan bendungan Napun Gate, Presiden Jokowi meninjau food estate yang berada di Kabupaten Sumba Tengah, NTT.

Usai meresmikan bendungan, Jokowi lanjut meninjau di sekitar area bendungan. Dengan kehadiran Bendungan Napun Gate, diharapkan warga setempat dapat memanfaatkannya sebagai sumber irigasi pertanian warga juga sumber air bersih. Jadi tidak ada lagi NTT sulit mendapatkan air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini