Penjelasan ICBP soal Lays hingga Cheetos Hilang Tepat HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 278 2368196 penjelasan-icbp-soal-lays-hingga-cheetos-hilang-tepat-hut-kemerdekaan-ri-17-agustus-PwH4aY7Puj.jpg Lays Cheetos (Shutterstock)

JAKARTA - PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) akan menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk PepsiCo di Indonesia pada bulan Agustus 2021.

Hal ini terjadi setelah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) membeli 49% saham Pepsico di IFL.

 Baca juga: ICBP dan PepsiCo Pisah, Lays hingga Cheetos Bakal Hilang 3 Tahun?

Corporate Secretary PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Gideon A. Putro menjelaskan berdasarkan ketentuan dalam perjanjian usaha patungan antara ICBP dan Fritolay, ditentukan bahwa dalam hal salah satu pemegang saham tidak lagi menjadi pemegang saham dalam IFL maka perjanjian lisensi antara pemegang saham yang bersangkutan dengan IFL menjadi berakhir.

"Dengan masa transisi maksimum selama 6 bulan sejak tanggal transaksi pengalihan saham dari pemegang saham yang bersangkutan berlaku secara efektif," tulis Gideon dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2/2021).

 Baca juga: ICBP dan PepsiCo Cerai, Lays hingga Cheetos Bakal Hilang di Agustus

Dia menyebut, perjanjian lisensi IFL dengan PepsiCo yang berlaku saat ini meliputi merek Lays, Cheetos dan Doritos. Setelah masa transisi berakhir, lisensi atas produk-produk dengan merek PepsiCo menjadi berakhir.

"Selama periode transisi, IFL akan melakukan perubahan nama perusahaan pada semua perijinan perusahaan termasuk pencabutan perijinan produksi (Badan Pengawas Obat dan Makanan) terkait dengan produk-produk dengan merek milik PepsiCo," ujarnya.

Setelah masa transisi 6 bulan dan masa non kompetisi 3 tahun berakhir, maka tidak ada lagi kerja sama antara Perseroan dengan PepsiCo terkait dengan kegiatan usaha makanan ringan di Indonesia.

Sebagaimana disampaikan dalam keterbukaan informasi ICBP tertanggal 17 Februari 2021, transaksi pembelian saham IFL milik Fritolay oleh ICBP telah selesai dilakukan dan berlaku efektif pada tanggal 17 Februari 2021.

IFL diberi waktu maksimum enam bulan dari sejak tanggal transaksi untuk menyelesaikan proses transisi untuk menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk-produk makanan ringan dengan merek milik PepsiCo (Lays, Cheetos dan Doritos).

Dengan demikian, Lays, Cheetos dan Doritos tidak akan didistribusikan lagi pada 17 Agustus 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini