Gubernur BI: Baru 15 Bank Lakukan Digitalisasi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 320 2368173 gubernur-bi-baru-15-bank-lakukan-digitalisasi-vnfIzHZ9cT.jpg Perbankan (Reuters)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat ada beberapa bank yang telah menerapkan digitalisasi. Bahkan, 10 sampai 15 bank telah menerapkan digitalisasi yang sangat kuat.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan akan terus mendukung perbankan untuk digitalisasi.

 Baca juga: BI Bakal Terbitkan Rupiah Digital

“Kami tidak hanya mendukung tapi mendorong sangat cepat untuk kawan bank melakukan digitalisasi. Saya bangga 10 sampai 15 bank di Indonesia sudah melakukan digitalisasi sangat kuat,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam video virtual, Kamis (25/2/2021).

Dia mengatakan 15 bank yang telah melakukan digitalisasi dengan sangat kuat tersebut di antaranya merupakan bank-bank BUMN. Adapun, BI bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat memaksimalkan digitalisasi di perbankan.

 Baca juga: Tembus Rp210 Juta, Mata Uang Digital Ini Kalahkan Harga Bitcoin

“Digitalisasi crowd funding dan P2P ya Pak Wimboh. Masalah kelembagaan bank juga di Pak Wimboh. Kami mendorong digitalisasi sistem pembayaran yaitu sekarang semua bank pakai QRIS supaya bisa masuk kepada yang sangat ritel,” jelasnya.

Dia menambahkan bank sentral sudah bertemu dengan pelaku pasar perbankan untuk mendorong digitalisasi perbankan. "Kami sudah beberapa kali ketemu, puluhan bank sudah lakukan digitalisasi termasuk bank-bank BUMN yang ada disini," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini