5 Orang Terkaya Indonesia dari Perusahaan Tbk

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 27 Februari 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 278 2369404 5-orang-terkaya-indonesia-dari-perusahaan-tbk-FOsae81ktF.png Budi Hartono. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA - Pemilik perusahaan kerap meraup untung yang berlipat ketika mereka memberanikan diri untuk melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI). Salah satu keuntungannya, yaitu saham-sahamnya dapat dimiliki oleh publik dan bisa membantu menambah modal usaha.

Bahkan, dengan menjadikannya perusahaan terbuka, sejumlah pengusaha pun ada yang berubah nasib menjadi miliarder. Dirangkum dari Forbes, Sabtu (27/2/2021), berikut deretan orang tajir yang perusahaannya melantai di bursa efek:

1. Budi dan Michael Hartono: USD38,8 miliar atau setara Rp547 triliun

Adapun kekayaan dari dari dua bersaudara pemilik dari Grup Djarum yang melantai di lantai bursa seperti setidaknya terdapat dua perusahaan Grup Djarum yang menjadi emiten di BEI, yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Baca Juga: Daftar Miliarder yang Dijuluki Crazy Rich Indonesia

2. Eka Tjipta Widjaja: USD11,9 miliar atau setara Rp167 triliun

Pendiri Sinar Mas Group yakni Eka Tjipta Widjaja. Dia punya beberapa perusahaan yang sudah Tbk kaya PT Smart Tbk, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA). PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID).

Baca Juga: Vaksinasi Bikin Orang Super Kaya di Asia Lebih Percaya Diri

3. Prajogo Pangestu: USD6 miliar atau setara Rp84 triliun

Dia merupakan pendiri Barito Pacific. PT. Barito Pacific Tbk (IDX: BRPT) merupakan perusahaan di sektor sumber daya alam yang terdiversifikasi dan terintegrasi.

4. Anthony Salim: USD5,9 miliar atau setara Rp83 triliun

Anthony Salim merupakan seorang pendiri PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) sejak tahun 1998. Terhitung, kini terdapat 28 kantor cabang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan gerainya pun sudah ada sebanyak 16.336 yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air.

Anthony Salim juga merupakan CE0 dari Indofood, produsen Indomie yang menjadi pemimpin pasar mi instan di dunia. Nilai penjualan perusahaan tersebut mencapai USD5,1 miliar.

Teranyar, Indofood PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) telah membeli seluruh saham milik PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang dimiliki Fritolay Netherlands Holding BV (Fritolay) yang terafiliasi dari PepsiCo Inc. Pembelian saham itu tercatat mencapai Rp494 miliar.

5. Susilo Wonowidjojo: USD5,3 miliar atau setara Rp74 triliun

Seorang pengusaha Indonesia. Ia adalah anak ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri PT Gudang Garam Tbk (GGRM), perusahan rokok kretek di Kediri, Jawa Timur. (fbn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini