Raja-Raja Mal di Indonesia, dari Eka Tjipta dan Hartono Bersaudara

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 455 2369958 raja-raja-mal-di-indonesia-dari-eka-tjipta-dan-hartono-bersaudara-EU4Yt72OTV.jpg Raja-Raja Mal di Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pusat perbelanjaan atau mal merupakan salah satu bisnis yang dijalani para orang terkaya di Indonesia. Mal megah khususnya di Jakarta, mayoritas dimiliki para miliarder tersebut.

Bisnis mendirikan mal karena sangat menguntungkan bagi pengusaha. Apalagi, kebanyakan masyarakat Indonesia suka sekali jalan-jalan ke mal. Okezone telah merangkum pemilik mal megah, Senin (1/3/2021):

1. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja mempunyai kekayaan sekitar USD11,9 miliar atau setara Rp167 triliun.

Eka Tjipta mendirikan pusat perbelanjaan elite di kawasan Thamrin, Plaza Indonesia. Dan juga pemilik mall Fx Sudirman, sekaligus pemilik bisnis properti dan bisnis kelapa sawit.

Baca Juga: Raja Properti RI dari Pemilik Sinar Mas hingga BSD, Berapa Kekayaannya?

Pendiri Sinar Mas Group yakni Eka Tjipta Widjaja. Dia punya beberapa perusahaan yang sudah Tbk kaya PT Smart Tbk, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA). PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID).

2. Budi dan Michael Hartono

Harga kekayaan diperkirakkan mempunyai kekayaan sebesar USD38,8 miliar atau setara Rp547 triliun.

Konglomerat bersaudara yang termasuk dalam daftar pemilik mall di Jakarta yang terakhir adalah Michael Bambang dan R. Budi Hartono.

Baca Juga: Stok Bahan Baku Baterai Lithium Tesla Menipis, Ini Strategi Elon Musk

Aset yang dimiliki duo Hartono ini adalah Grand Indonesia.

3. Murdaya Poo

Di bawah induk perusahaan PT Metropolitan Kentjana, Murdaya Poo mendirikan Pondok Indah Mall dan Puri Indah Mall.

Dia dikenal sebagai pria multi-talenta, di mana salah satu prestasi terbaiknya adalah mendirikan Jakarta International Expo.

Forbes mencatat total kekayaannya mencapai Rp25 triliun.

4. Alexander Tedja

Alexander Tedja merupakan pemilik dari Gandaria City atau Kota Kasablanka. Di bawah naungan Pakuwon Jati Tbk, Alexander Tedja berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaan hingga mencapai Rp23,7 triliun.

Namun dibalik kesuksesannya dalam bidang properti dan retail, siapa sangka bila pebisnis yang masuk dalam jajaran daftar pemilik mall di Jakarta ini, ternyata mulanya menekuni bisnis perfilman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini