201 Proyek Strategis Nasional Lanjut meski Pandemi Corona Belum Berakhir

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 320 2371004 201-proyek-strategis-nasional-lanjut-meski-pandemi-corona-belum-berakhir-62YBXC725y.jpg 201 PSN Dilanjutkan di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, pemerintah tetap mendorong Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk tetap dilanjutkan di tengah Pandemi Covid-19. Adapun total ada 201 proyek dan 10 program yang memiliki nilai investasi lebih dari Rp4.817 triliun.

“Pembangunan infrastruktur akan membantu pemerataan ekonomi di wilayah Indonesia sekaligus meningkatkan investasi,” sambung Airlangga dalam acara MNC Group Investor Forum 2021, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Proyek Perumahan Didorong Pakai Skema KPBU

Indonesia juga akan memanfaatkan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang memberikan manfaat akses pasar yang lebih luas, akses Foreign Direct Investment (FDI), dan integrasi dalam rantai pasokan dunia.

Sementara mengenai penanganan pandemi, Pemerintah akan fokus pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Vaksinasi, 3T, dan Penegakan Protokol Kesehatan (3M).

Baca Juga: Daftar Infrastruktur yang Dibangun di Jawa Timur Rp8,9 Triliun

“Pemerintah mengadakan program Vaksin Gotong Royong yang melibatkan pihak swasta untuk bertanggung jawab melakukan vaksinasi kepada karyawannya. Selain itu, Lembaga Penelitian dan Perguruan Tinggi dalam negeri juga tengah mengembangkan Vaksin Merah Putih,” terang Menko Perekonomian.

Di penghujung sambutannya, Airlangga menegaskan bahwa Indonesia tetap berkomitmen untuk menyeimbangkan antara penanganan kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi.

“Keduanya menjadi prioritas. Kita akan menyeimbangkan antara penanggulangan pandemi dan percepatan pemulihan ekonomi yang lebih dikenal dengan analogi pedal gas dan rem seperti yang dikemukakan oleh Presiden Jokowi,” pungkas Menko Airlangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini