Share

Investment Grade, Ekonomi RI Dinilai Mampu Tahan Shock Pandemi

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 320 2382496 investment-grade-ekonomi-ri-dinilai-mampu-tahan-shock-pandemi-ciM4kQ6PTA.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga pemeringkat Fitch mempertahankanĀ peringkat (rating) kredit Indonesia pada posisi BBB. Di mana, dengan tetap mempertahankan jugaĀ outlookĀ yangĀ stable.Ā 

Dengan performa ini, Fitch mengkonfirmasi bahwa langkah penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Indonesia berjalanĀ on-track.Ā Sejak mulainya pandemi global di awal 2020, sudah ada 124 negara yang mengalami penurunanĀ rating.

Ā Baca juga: Fitch Pertahankan Investment Grade Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19

Mengutip Keterangan Tertulis, Jakarta, Selasa (23/4/2021), Indonesia dianggap mampu menahan guncangan (shock) akibat pandemi tanpa dampak negatif bagi arah perekonomian jangka menengah. Indonesia dinilai mampu menciptakan prospek pertumbuhan jangka menengah dengan rasio utang pemerintah terhadap PDB yang relatif terjaga.

Reformasi struktural yang dijalankan juga memberi harapan bahwa Indonesia akan beranjak mencapai level yang semakin kompetitif dibanding negaraĀ peersĀ ā€“ kategori 'BBB' ā€“ baik dalam indikator tata kelola maupun dalam tingkat PDB per kapita.

Ā Baca juga: Fitch Kukuhkan Indonesia Investment Grade, Bos BI: Bukti Ekonomi Membaik

Dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, Fitch optimis terhadap proses pemulihan ekonomi Indonesia. Fitch memproyeksikan pertumbuhan PDB sebesar 5,3% di tahun 2021 dan 6,0% di tahun 2022.

Fitch memproyeksikan konsolidasi fiskal akan berjalan secara gradual, defisit fiskal akan menyempit di 2021 menjadi 5,6% dari 6,1% di 2020. Konsolidasi fiskal harus diteruskan di tahun 2022, setelah dampak pandemi mereda.

Dengan dukungan luas di seluruh spektrum politik dan rekam jejak akumulasi utang yang rendah dibandingkan negaraĀ peers, rencana pemerintah kembali ke pagu defisit 3% pada tahun 2023 menjadi sangat rasional. Dampak pandemi pada kondisi fiskal Indonesia tidak separah negaraĀ peers. Pelebaran defisit fiskal pada 2020 lebih kecil dibanding median ā€˜BBBā€™. Otoritas tetap perlu menjaga kesinambungan fiskal jangka panjang.

Langkah Fitch mempertahankanĀ ratingĀ kredit Indonesia pada posisi BBB denganĀ outlook stableĀ merupakan pengakuan atas stabilitas makroekonomi dan prospek jangka menengah Indonesia yang tetap terjaga di tengah situasi pandemi Covid-19. Hal ini tentunya didukung oleh kredibilitas kebijakan dan sinergi bauran kebijakan yang tetap kuat antara Otoritas Moneter dan Pemerintah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini