Sri Mulyani: Covid-19 Memaksa Pelaku Ekonomi Berubah dalam Waktu Cepat

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 320 2382557 sri-mulyani-covid-19-memaksa-pelaku-ekonomi-berubah-dalam-waktu-cepat-zqnY2tZxqt.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 memaksa seluruh dunia untuk berubah secara cepat dari semula konvensional menjadi digital. Segala perubahan terjadi dalam waktu cepat mulai dari kesehatan, jasa sampai publik.

"Covid-19 memaksa semua negara, semua bangsa, institusi pelaku ekonomi masyarakat berubah dalam waktu cepat," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam video virtual di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Varian Baru Covid-19 Bikin Sri Mulyani Waswas

Sri melanjutkan bahwa sebelum pandemi terjadi, transformasi digital sudah dilakukan. Namun, tentu saja transformasi tersebut membutuhkan waktu sekitar 3-4 tahun agar dapat beroperasi secara maksimal.

"Namun dengan adanya pandemi, (transformasi) ini bisa terjadi dalam waktu cepat. Karena pekerjaan-pekerjaan tak bisa berhenti dan harus tetap dilakukan. Misalnya Kemenkeu harus merespons kebijakan, melakukan perubahan anggaran, persiapan Perppu nomor 1 ya itu bisa terjadi dalam waktu over weeks lah," ungkap Sri.

Baca Juga: Sri Mulyani Kesal Terima SMS Ditawari Dana Cepat Rp5 Juta, BPKB Jadi Jaminan

Dia juga mengatakan bahwa setelah pandemi usia, diprediksi akan terjadi gap antara mereka yang unskilled dan mereka yang skilled/educated. Transformasi digital ini memang terjadi di seluruh dunia, dan dia menyebutkan bahwa hal itu tentu menjadi tantangan baru.

"Disparitas pendapatan itu kemungkinan akan terjadi. Saya kira alarm akan berbunyi apa yang harus dilakukan dan ditimbulkan," pungkas Sri.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini