Share

Proses Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 320 2386267 proses-pencairan-blt-umkm-rp1-2-juta-VYVijL6O7K.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Seluruh pelaku UMKM yang ada di Indonesia sedang menunggu kepastian waktu pencairan dari Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM.

Hal ini lantaran, di tengah resesi yang masih melanda Tanah Air, mereka merupakan kaum pebisnis yang harus diprioritaskan menjadi perhatian pemerintah.

Baca Juga: Siap-Siap! BLT UMKM Cair Rp1,2 Juta

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Eddy Satria mengatakan sebelum memutuskan waktu, maka pihaknya akan meminta usulan dari seluruh kepala Dinas Koperasi dan UMKM dari seluruh daerah.

"Kita akan tunggu usulan masuk dari dinas, setelah proses disalurkan ke bank dan seterusnya ke calon penerima," ujarnya kepada Okezone, kemarin.

Baca Juga: BLT UMKM Cair dalam Hitungan Hari

Dia menyebut setidaknya dalam dua hari ke depan sudah ada pengumuman kapan BLT Rp1,2 juta akan dicairkan kepada para pelaku UMKM

"Sosialisasi virtual 2 hari pagi siang untuk 34 provinsi. Nanti habis sosialisasi akan kita umumkan," kata Eddy.

Sebelumnya, pemerintah akan kembali mencairkan BLT UMKM pada tahun ini. Namun, hingga kini belum diketahui kapan pencairannya akan mulai disalurkan kepada para pedagang yang terdaftar.

"Tunggu tanggal peluncurannya," tulis akun Instagram @kemenkopukm yang dikutip Okezone, Jumat (26/3/2021).

BPUM siap disalurkan kembali setelah PermenKopUKM No. 2 Tahun 2021 disahkan. PermenKopUKM tersebut juga menghadirkan beberapa perbaikan dari penyaluran BPUM sebelumnya.

"Nantikan informasi selanjutnya mengenai penyaluran BPUM, hanya di media sosial (@kemenkopukm) dan website (kemenkopukm.go.id) Kementerian Koperasi dan UKM RI yang resmi," sambungnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini