7 Kunci Sukses Mengelola Keuangan, Nomor 6 Harus Cepat Dilunasi

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Minggu 04 April 2021 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 622 2387707 7-kunci-sukses-mengelola-keuangan-nomor-6-harus-cepat-dilunasi-QWebSaC9zf.jpg Tips Mengelola Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Ada banyak cara untuk mengelola keuangan, namun faktanya memang tidak semudah yang dibayangkan. Segelintir orang mungkin masih belum mengetahui secara pasti strategi yang cocok untuk mengatur pengeluaran mereka.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan. Coba lima langkah berikut agar berhasil mengelola keuangan, dilansir dari The Balance, Minggu (4/4/2021).

1. Buat detail tujuan keuangan

Luangkan waktu untuk menulis tujuan keuangan jangka panjang yang spesifik. Seperti rencana liburan, melakukan investasi properti, menikah, atau merencanakan tabungan pensiun. Semua tujuan tersebut dapat memengaruhi bagaimana perencanaan keuangan.

Baca Juga: Tips Dasar Mengelola Keuangan yang Harus Diketahui Semua Orang 

2. Berikut tips memperjelas tujuan keuangan:

- Tetapkan tujuan jangka panjang seperti membayar utang, membeli rumah, atau pensiun lebih awal. Tujuan ini terpisah dari tujuan jangka pendek seperti menabung untuk liburan.

- Tetapkan tujuan jangka pendek, seperti meminimalkan belanja bulanan, bayar saldo kartu kredit, dan lain-lain.

- Prioritaskan tujuan untuk membantu membuat rencana keuangan.

3. Tetapkan rencana keuangan

Rencana keuangan sangat penting dalam membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda. Rencana tersebut harus memiliki beberapa langkah dan patokan yang jelas. Ini adalah kunci untuk memutuskan prioritas apa yang paling penting.

4. Saat membuat rencana keuangan, ingatlah hal-hal ini:

- Anggaran atau budgeting adalah kunci sukses. Ini adalah alat yang akan memberi kendali paling besar atas masa depan keuangan.

- Harus terus berkontribusi untuk tujuan jangka panjang, seperti menabung untuk masa pensiun, apa pun tahap rencana keuangan yang ada.

- Memiliki dana darurat adalah faktor kunci lain dalam kesuksesan finansial dan pengurangan stres.

5. Buat dan pertahankan anggaran

Anggaran atau budgeting adalah salah satu hal terbesar yang akan membantu menyukseskan kondisi finansial. Ini memungkinkan untuk membantu rencana pengeluaran agar uang dapat dialokasikan sesuai dengan tujuan keuangan.

Anggaran bisa dibuat setinggi atau sedetail mungkin, selama itu bisa membantu mencapai tujuan akhir keuangan. Anggaran ini bisa membantu memutuskan bagaimana sebaiknya uang dibelanjakan selama beberapa bulan dan tahun mendatang. Saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang bisa membantu merancang anggaran keuangan.

6. Lunasi utang

Utang adalah hambatan besar bagi banyak orang dalam mencapai tujuan keuangan. Itulah mengapa pelunasan utang harus dijadikan sebagai prioritas. Setelah benar-benar terlepas dari utang, berkomitmenlah untuk tidak berutang kembali.

Meninggalkan kartu kredit di rumah mungkin merupakan strategi yang bijak. Simpan dana darurat untuk menutupi pengeluaran tak terduga, sehingga tidak lagi tergoda untuk menggunakan kartu kredit untuk menutupinya.

7. Jangan takut meminta nasihat

Setelah tabungan sudah stabil lalu ingin mulai berinvestasi untuk menambah kekayaan, bicaralah dengan seorang perencana keuangan untuk membantu membuat keputusan investasi yang bijak. Penasihat yang baik akan berbagi risiko yang terlibat dalam setiap investasi dan membantu menemukan produk yang sesuai dengan tingkat kenyamanan yang diinginkan. Seorang perencana keuangan juga dapat membantu mengelola anggaran dengan baik.

Jika orang tua atau anggota keluarga ada yang pandai dalam hal uang, pertimbangkan untuk meminta bantuan mereka, dan bicarakan dengan mereka tentang apa yang berhasil bagi mereka secara finansial.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini