7 Cara Dekorasi Ruangan Sesuai Selera

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 04:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 470 2390021 7-cara-dekorasi-ruangan-sesuai-selera-TORxRkGpGz.jpg Tips Dekorasi Ruangan. (Foto: Okezone.com/CNBC)

JAKARTA – Merasa bosan dengan dekorasi ruangan, entah itu kamar tidur, dapur, atau ruang tengah, satu hal yang terbesit adalah keinginan untuk mendekorasi ulang ditambah rasa malas untuk memulainya.

Ternyata, mendekorasi ulang ruangan tidak seberat yang dipikirkan. Ada beberapa langkah mudah untuk membuat ruangan terasa baru dan lebih baik dari sebelumnya.

Berikut beberapa inspirasi dekorasi ulang ruangan, dilansir dari Budget Direct, Rabu (7/4/2021):

1. Lupakan aturan

Lupakan aturan-aturan mengenai dekorasi ruangan, seperti feng shui, menggunakan cat-cat tertentu, posisi perabotan, dan lain-lain. Lakukan sesuai keinginan, kebutuhan pribadi, dan atur ulang ruangan dengan pikiran terbuka, konsep unik dan gaya personal akan terlihat secara otomatis, bisa jadi hasilnya lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya.

Baca Juga: 7 Ide Dekorasi Meja Rias Agar Terlihat Chic dan Teratur

2. Tentukan “tema” dekorasi

Pertama-tama, ingat tujuan mengapa ingin mendekorasi ulang ruangan. Misal, ada beberapa barang yang ingin disingkirkan, ingin menambah warna cerah pada ruangan, apa pun itu, tujuan harus menginformasikan keseluruhan tema ruangan yang ingin didekorasikan ulang.

Jika ingin menambah nuansa cerah, berarti harus menyediakan cat warna cerah beserta beberapa furnitur tambahan yang sesuai. Jika ingin menciptakan ruangan minimalis, berarti singkirkan barang yang terasa menyesakkan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Tips Bersih-Bersih Rumah dengan Mudah dan Efektif

3. Nuansa ruangan baru dengan mengganti tirai

Mengganti tirai jendela bisa jadi cara mengagumkan untuk membuat ruangan terasa baru lagi. Tirai atau gorden ini seperti bingkai foto untuk ruangan. Sebaiknya pilih tirai anti tembus pandang jika ingin tidur malam yang nyenyak, atau tirai dengan sedikit warna. Kembali lagi, sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pribadi.

4. Pasang cermin untuk membuat ruangan terasa baru dan luas

Sama seperti tirai, menambahkan cermin adalah cara yang sederhana untuk menata ulang ruangan secara mendasar. Karena cermin dinding memantulkan cahaya, mereka dapat membuat ruangan terasa lebih besar, yang sangat berguna jika rumah atau apartemen sedikit lebih kecil. Selain itu, bingkai cermin metalik dapat menambahkan sentuhan elegan dan berkelas pada ruangan.

5. Elemen terkecil bisa mengubah seisi ruangan

Mendekorasi ulang ruangan tidak harus menjadi pekerjaan besar. Seringkali, itu bisa sesederhana mengubah satu atau dua hal. Dengan demikian, menambahkan elemen kecil juga bisa memberikan kehidupan baru bagi ruangan. Tapi ini tergantung faktor, seperti luas ruangan dan tema dekorasi.

Bisa tambahkan elemen seperti tanaman hijau, wallpaper dinding baru, sandaran tempat tidur baru, lukisan, permadani, seprai, atau lampu, dan masih banyak lagi elemen simpel yang bisa sangat berguna.

6. Gaya vintage yang sedang tren

Jika ingin mengubah suasana di kamar, cara terbaik bisa dengan dengan kembali ke masa lalu, dengan memasukkan beberapa barang antik ke dalam dekorasi. Gaya vintage memang sedang populer, jadi sekarang adalah kesempatan untuk bernostalgia dengan beberapa dekorasi vintage yang keren.

Tambahkan kap lampu vintage, aksesoris antik, gagang pintu jadul, hiasan dinding retro bisa mengubah nuansa ruangan menjadi lebih elegan, bisa dengan hanya menambah beberapa barang atau bahkan merombak seisi ruangan dengan barang vintage.

7. Sesuaikan dengan karakteristik dan selera pribadi

Dekorasi ulang dapat dengan menambahkan aksesori mewah dan warna cantik sebanyak yang diinginkan, tetapi pada akhirnya, ruangan harus menjadi cerminan diri sendiri. Penting untuk mempercayai selera gaya pribadi di atas segalanya. Sebuah ruangan bisa mengungkapkan banyak hal tentang seseorang, jadi jangan ragu untuk menambahkan sedikit sentuhan pribadi!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini