Ambil Alih dari Keluarga Soeharto, TMII Bakal Dikelola BUMN Pariwisata

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 320 2391561 ambil-alih-dari-keluarga-soeharto-tmii-bakal-dikelola-bumn-pariwisata-RATM34jCej.jpg Pemerintah Ambil Alih Pengelolaan TMII. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan bahwa pihaknya tengah merumuskan kriteria siapa yang nantinya mengelola Taman Mini Indonesia Indah. Seperti diketahui bahwa pemerintah telah resmi mengambil-alih pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita.

“Jadi ini nanti Kemensetneg merumuskan kriteria siapa yang akan secara tepat profesional memperbaiki Taman Mini, kemudian memberikan kontribusi kepada keuangan negara secara signifikan,” katanya, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Jokowi Bakal Bentuk Yayasan Keluarga Kelola TMII, Mensesneg: Tidak Benar

Pratikno memberikan sinyal bahwa pengelolaan TMII akan diserahkan pada salah satu BUMN Pariwisata. Diharapkan pengelolaan TMII di masa mendatang akan lebih baik.

“Arahnya adalah ini akan meminta tolong salah satu BUMN pariwisata untuk mengelola TMII ini. Jadi dikelola oleh orang-orang yang profesional, lembaga yang profesional, dan harapannya akan jauh lebih baik dan memberikan kontribusi kepada keuangan negara,” ujarnya.

Baca Juga: Yayasan Harapan Kita Tak Pernah Setor Pendapatan ke Negara

Hal ini juga membantah kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membentuk yayasan baru untuk mengelola TMII.

“Engga benar sama sekali. Jangan dikira Pak Jokowi kemudian membentuk yayasan keluarga untuk mengelola. Sama sekali tidak,” pungkasnya. 

Sementara itu, Pratikno membantah kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membentuk yayasan keluarga untuk mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Seperti diketahui pemerintah secara resmi telah mengambil-alih pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita.

“Engga benar sama sekali. Jangan dikira Pak Jokowi kemudian membentuk yayasan keluarga untuk mengelola. Sama sekali tidak,” katanya.

Baca Juga: Diambil Alih Pemerintah, Valuasi Taman Mini Capai Rp20 Triliun

Dia mengatakan bahwa nantinya TMII akan diserahkan kepada pihak profesional dalam pengelolaanya.

“Jadi ini nanti Kemensetneg merumuskan kriteria siapa yang akan secara tepat profesional memperbaiki Taman Mini, kemudian memberikan kontribusi kepada keuangan negara secara signifikan,” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini