RI Punya 673 Aset Negara di Luar Negeri, Nilainya Fantastis

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 320 2395951 ri-punya-673-aset-negara-di-luar-negeri-nilainya-fantastis-3qFKdcK4tI.jpg Aset Negara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat banyak aset negara atau barang milik negara (BMN) yang ada di luar negeri

Direktur Barang Milik Negara DJKN Kemenkeu Encep Sudarwan mengatakan, aset negara di luar negeri ternyaya masih sulit dimanfaatkan dikarenakan ada keterbatasan. Salah satunya, aset negara yang ada di luar negeri ini bukan untuk bisnis. Hal ini membuat aset negara di luar negeri belum bisa dioptimalkan untuk masuk kedalam penerimaan negara.

"Di luar negeri itu kita terbatas oleh, dulu kan kita ngebangun bangunan untuk diplomatik bukan untuk bisnis, ini yang sedang kita lihat di aturan selanjutnya tapi sekarang sementara itu hanya untuk ke tugas fungsi," kata Encep dalam video virtual, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Incar Pajak dari Pengelolaan Aset Negara Rp4,13 Triliun 

Dia menyebutkan, saat ini ada 673 aset negara yang ada di luar negeri. Adapun nilainya sebesar Rp40 triliun

"Di luar negeri banyak bahkan di seluruh dunia kita punya 673 aset negara hanya sekitar Rp40 triliun," imbuhnya.

Dia menambahkan pengelolaan BMN saat ini sangat penting sekali. Selain sebagai pendukung utama layanan terhadap publik dan institusi kementerian, BMN ini juga memiliki nilai aset yang tinggi. Di mana pada 2019 mencapai Rp6.103 triliun.

"Pertama pendukung layanan. Harus ada alatnya kantornya, sekarang kenapa lebih penting karena proporsinya signifikan," jelas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini