Viral Emak-Emak Naik Motor Masuk Tol, Jasa Marga: Berbahaya

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 320 2398480 viral-emak-emak-naik-motor-masuk-tol-jasa-marga-berbahaya-HqrnY9Ymgt.jpg Pengendara Sepeda Motor di Jalan Tol (Foto: Tangkapan Layar video Viral di Sosmed)

JAKARTA - Beredar di media sosial tentang sepeda motor yang masuk tol. Peristiwa tersebut terjadi di ruas tol dalam kota Gerbang Tol (GT) Angke 1 pada Selesa 20 April 2021 pukul 17.01 WIB.

General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Nasrullah menjelaskan, perseroan sangat menyayangkan tindakan pengendara roda dua yang masuk dan menggunakan jalan tol. Larangan kendaraan roda dua melintasi jalan tol dibuat demi keselamatan pengendara roda dua tersebut, juga pengguna jalan tol lainnya.

Baca Juga:  Setara Bangun 9.352 Km Jalan, untuk Apa Saja Anggaran Covid-19?

"Jalan tol sebenarnya berbahaya bila dilewati kendaraan roda dua, sebab spesifikasi rancang bangunnya ditujukan untuk kendaraan roda empat atau lebih,” ujarnya dalam keteranganya, Rabu (21/4/2021).

Nasrullah menambahkan, perseroan akan terus berupaya memberikan pelayanan kepada pengguna jalan agar senantiasa merasa aman dan nyaman saat melintasi jalan tol yang dikelolanya. Sebagai upaya pencegahan terhadap kejadian serupa, Jasa Marga menempatkan petugas keamanan 24 jam di semua GT, dan bersiaga untuk memantau situasi dan kondisi GT agar tetap aman dan kondusif.

Baca Juga: 4 Fakta Tol Layang MBZ, Begini Hubungan Erat Jokowi dengan Mohamed Bin Zayed

Selain itu, Jasa Marga juga telah memasang rambu-rambu informasi larangan kendaraan roda dua masuk tol, rambu kendaraan apa saja yang boleh masuk tol dan batas kecepatan berkendara di jalan tol, di setiap akses masuk tol. Namun, Nasrullah juga memohon partisipasi aktif pengguna jalan dalam melaporkan gangguan di jalan tol melalui Call Center Jasa Marga.

“Kami mohon maaf atas kejadian ini, dengan adanya laporan ini kami langsung koordinasikan dengan petugas operasional dan PJR untuk melakukan pengecekkan dan penindakan jika terbukti ditemukan pelanggaran oleh pengendara motor tersebut. Sebagai langkah evaluasi, kami juga melakukan pembinaan di internal Jasa Marga,” ucapnya.

Sementara itu, Manager Area PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) wilayah Tol Dalam Kota & Prof. Dr. Ir. Soedijatmo Bismarck Purba mengatakan, perseroan bersama dengan pihak kepolisian akan mencari pengendara sepeda motor yang viral tersebut. Oleh karena itu, perseroan melakukan identifikasi lokasi kejadian dan segera melakukan pengecekan ke lapangan.

Bismarck juga menambahkan pihaknya berkoordinasi dengan Kepolisian untuk penindakan jika terbukti pelanggaran tersebut dilakukan dengan sengaja berdasarkan bukti-bukti pendukung.

“Kami mengidentifikasi lokasi kejadian pengendara motor masuk tol, berdasarkan pengamatan, pengendara motor masuk melalui GT Angke 1. Kami segera melakukan pengecekan ke GT Angke 1 sesaat setelah mendapatkan informasi, dan saat ini kami bersama dengan pihak Kepolisian sedang melakukan penelusuran lebih lanjut melalui rekaman CCTV yang berada di gerbang tol, untuk mengetahui informasi nomor polisi dan pengendara motor tersebut," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini