Menko Luhut Sebut RI Tak Lama Lagi Tinggalkan Energi Fosil

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 320 2398941 menko-luhut-sebut-ri-tak-lama-lagi-tinggalkan-energi-fosil-Mtl7qUeRHF.jpg Menko Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Indonesia telah menjadi acuan efisien dalam mengelola Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menurutnya, energi fosil yang masih digunakan saat ini akan ditinggalkan dengan beralih ke EBT untuk menghindari pemanasan bumi.

Baca Juga: Energi Terbarukan Kian Diminati, 3.152 Pelanggan Pasang PLTS Atap

"Target ini akan terus kita dorong. Sehingga lebih cepat dari yang kami sebutkan sebelumnya yakni di tahun 2060. Pemerintah akan bekerja keras untuk ini," ujar Luhut, Kamis (22/4/2021).

Luhut juga mengajak semua pihak lain untuk bahu membahu agar Indonesia bisa zero emission dari yang ditargetkan sekarang.

Baca Juga: EBT Capai 25% di 2025, Luhut Andalkan Energi Angin hingga Panas Bumi

"Saya yakin target itu bisa tercapai. Presiden (Jokowi) ingin Indonesia menjadi bagian agar dunia lebih ramah lagi dan lebih hijau lagi," tandas dia.

Sebelumnya, Luhutmengatakan bahwa pemerintah saat ini tengah merancang bauran energi nasional untuk dapat mencapai 23% dari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) pada tahun 2025 dan 31% pada tahun 2050.

"Strategi energi terbarukan kami meliputi panas bumi, tenaga air, solar PV, bioenergi, dan angin. Kami berkomitmen untuk mempercepat pengembangan proyek energi terbarukan di Indonesia dan membuka calon investor untuk berpartisipasi dalam proyek energi terbarukan di masa depan," ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini