Menhub Minta Muatan Balik Tol Laut Terus Dioptimalkan, Ini Alasannya

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 320 2400183 menhub-minta-muatan-balik-tol-laut-terus-dioptimalkan-ini-alasannya-ztNoPjP7V2.jpg Pelabuhan (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta muatan balik tol laut harus terus dioptimalkan. Hal itu disampaikan Menhub saat melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (24/4/2021).

"Program tol laut ini memang harus kita lakukan dengan sistematis dan konsisten. Saya melihat bahwa ada dua daerah yang sudah berhasil melaksanakan ini. Yaitu Morotai dan Dobo. Mengapa dikatakan berhasil? karena ada suatu keseimbangan antara muatan barang yang dibawa dari Surabaya maupun sebaliknya. Saya ingin daerah lain bisa mencontoh keberhasilan ini,” ujar dia.

 Baca juga: Ada Tol Laut, Kemenhub: Harga Barang Jadi Tidak Terlalu Mahal

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, kedatangannya ke Surabaya ingin memastikan program tol laut berjalan dengan baik. Karena mayoritas awal pergerakan tol laut adalah dari Surabaya.

Dia menjelaskan, dari 30 pergerakan tol laut yang ada saat ini, sebanyak 16 kapal pergerakannya berasal dari surabaya.

 Baca juga: KSP: Tol Laut Efektif Kurangi Disparitas Harga

"Kami juga mengapresiasi, produktivitas dari tol laut secara umum, dimana terdapat sejumlah peningkatan jumlah pelabuhan dari 72 pelabuhan pada tahun 2019, saat ini sudah bertambah menjadi 106 pelabuhan. Selain itu pada tahun ini juga terdapat penambahan trayek tol laut menjadi 30 trayek," ungkap dia.

Menhub mengungkapkan, tujuan dari program tol laut yang dirintis sejak tahun 2015 adalah untuk mengurangi disparitas harga antara wilayah barat dan timur Indonesia.

"Serta untuk melancarkan distribusi logistik, khususnya kebutuhan pokok, ke daerah tertinggal, terluar, terdalam dan perbatasan (3TP)," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini