Kebut Pemulihan Ekonomi, Sandiaga Uno Ungkap Sejumlah Strategi, Termasuk Pembangunan Kereta Gantung di Kawasan Borobudur

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 26 April 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 320 2401048 kebut-pemulihan-ekonomi-sandiaga-uno-ungkap-sejumlah-strategi-termasuk-pembangunan-kereta-gantung-di-kawasan-borobudur-FfuEw5fsZe.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Dokumentasi Kemenparekraf)

YOGYAKARTA - Percepatan pemulihan ekonomi di kawasan Candi Borobudur, Yogyakarta menjadi perhatian utama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Beragam strategi pengelolaan, pemasaran hingga pembangunan infrastruktur di kawasan pun dipaparkan Sandiaga Uno akan rampung dalam waktu singkat.

Optimisme itu disampaikan Sandiaga Uno usai menggelar rapat bersama Badan Otorita Borobudur (BOB) dan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Yogyakarta pada Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Sandiaga Ajak Pegiat Ekonomi Kreatif Libatkan Penyandang Autisme

Dijelaskannya, terdapat sejumlah langkah teknis yang tengah dirampungkan pihaknya bersama BOB dan PT TWC serta sejumlah kementerian dan lembaga lainnya dalam penataan kawasan Borobudur.

Antara lain, penyiapan jembatan yang akan menghubungkan jalan dari Badan Otorita Borobudur yang akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selanjutnya mengenai pengelolaan lahan yang juga dalam tahap finalisasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kemudian penyiapan pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) Candi Borobudur yang rencananya dalam beberapa minggu ke depan sudah memasuki sidang pertama, sehingga nantinya pengelolaan Badan Otorita Borobudur ini akan jauh lebih lincah dan fleksibel.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Ekonomi Digital RI Tumbuh 11% di Masa Covid-19

Terakhir lanjutnya, kerjasama jangka panjang dengan Perhutani antara pihaknya lewat penandatanganan MOU dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia.

"Hari ini kita baru menyelesaikan rapat koordinasi penyiapan destinasi super prioritas Borobudur sebagai salah satu destinasi super prioritas yang ditugaskan kepada kami di Kemenparekraf," ungkap Sandiaga Uno pada Senin (26/4/2021).

"Ini yang kita akan fasilitasi, empat tugas dari Ibu Indah (Direktur Utama Indah Juanita) kepada kami di Kemenparekraf yang akan kami selesaikan dalam jangka waktu yang singkat," tambahnya.

Tidak hanya itu, Sandiaga Uno pun berencana untuk membangun cable car atau kereta gantung di kawasan Borobudur. Kereta gantung itu nantinya akan menghubungkan beberapa destinasi wisata maupun desa wisata dalam konsep transit oriented development (TOD).

"Ini juga yang akan kita finalisasikan karena ada beberapa investor yang menyatakan minatnya, baik di lahan otoritatif BOB maupun lahan yang masuk dalam koordinatif," ungkap Sandiaga Uno bersemangat.

Selanjutnya mengenai manajemen pengunjung yang diusulkan oleh PT TWC. Jumlah pengunjung di sejumlah zona di kawasan Borobudur nantinya akan dibatasi. Terkait hal tersebut Sandiaga Uno menegaskan pengelolaan kedua zona tersebut harus dilakukan dengan baik.

Mengingat, konsep wisata berkualitas dan berkelanjutan yang diusungnya di setiap destinasi wisata nusantara. "Kami tentunya akan melakukan langkah-langkah koordinatif yang melibatkan kementerian/ lembaga lainnya,"ungkap Sandiaga Uno.

"Kuncinya, apa yang kita lakukan di sini adalah harapannya untuk membangkitkan pariwisata dan memulihkan ekonomi kita. Itu yang menjadi fokus kita," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini