Sandiaga Uno: Ekonomi Digital RI Tumbuh 11% di Masa Covid-19

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 320 2399023 sandiaga-uno-ekonomi-digital-ri-tumbuh-11-di-masa-covid-19-IpMsFzi25J.jpg Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA – Digitalisasi ekonomi merupakan solusi terbaik untuk membangkitkan perekonomian di tengah krisis akibat adanya pandemi Covid-19. Sebab, tak dapat dipungkiri efek dari wabah tersebut membuat sejumlah aktivitas sosial menjadi terbatas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, dirinya cukup bangga kepada para pelaku usaha di Tanah Air yang seiring berjalannya hari kian melek digital. Hal itu bisa dilihat dari tumbuhnya ekonomi digital Indonesia pada tahun 2020.

 Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dikebut untuk Pelaku Ekonomi Kreatif dan Pekerja Seni

“Ekonomi digital adalah salah satu sektor yang makin bertumbuh pada tahun 2020, bersama dengan Vietnam Indonesia adalah negara ASEAN yang mampu masih tumbuh 11% dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan Indonesia dengan ekonomi digital menyumbang lebih dari 40% di kawasan ASEAN,” kata Sandi dalam acara Pesantren Kilat Digital yang bertajuk “Ramadhan Membawa Pesan Positif di Ruang Digital” melalui keterangan tertulis, Kamis (22/4/2021).

Menurut dia, dengan jumlah pengguna internet hampir mencapai 202 juta orang, Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar untuk perkembangan perusahaan digital saat ini.

 Baca juga: Sandiaga Uno: Ekonomi Kreatif RI Terbesar ke-3 Dunia

“Dengan penetrasi internet 73%, peluang bertumbuhnya pengguna internet ke depannya masih cukup besar. Berdasarkan data tersebut pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dapat dioptimalisasi dengan transformasi digital, promosi digital dapat menjadi terobosan baru dalam memasarkan destinasi wisata di daerah,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini