Sejarah Hari Buruh Sedunia, Perjuangan Panjang Kaum Buruh Menuntut Hak

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 320 2403938 sejarah-hari-buruh-sedunia-perjuangan-panjang-kaum-buruh-menuntut-hak-YGd2rg5Mpd.jpg Buruh (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Hari Buruh Sedunia atau May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei, tepat di hari ini. Para pekerja/buruh di dunia memiliki sejarah perjuangan yang panjang dan masih berlangsung hingga kini. Pekerja/buruh berjuang demi menuntut hak yang tidak jarang tertindas.

Hari buruh di tahun ini tidak berbeda dari tahun lalu yang masih terjadi di tengah pandemi Covid-19, oleh karena itu Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengimbau bagi para pekerja untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan peringatan hari buruh sedunia ini.

Baca Juga: May Day 2021, Ratusan Buruh Serbu Gedung Grahadi Surabaya

“Perlu diingat, peringatan #MayDay2021 kali ini masih di tengah pandemi COVID-19. Untuk itu, apapun aktivitas Rekanaker dalam peringatan May Day, tetap tertib menerapkan protokol kesehatan ya,” tulis akun Instagram @kemnaker, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga: Dikawal Ketat, Kapolda Metro Jalan Bareng Perwakilan Buruh ke Gedung MK

Merayakan hari buruh tentunya harus disertai pemahaman mengenai sejarah terbentuknya hari buruh sedunia ini. Dikutip dari Instagram @Kemnaker, Kemnaker menjelaskan mengenai sejarah hari buruh sedunia atau may day ini.

Sejarah kemunculan hari buruh dimulai dari tanggal 1 Mei 1886 silam, di mana pekerja/buruh melakukan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut diberlakukannya 8 jam kerja setiap hari, serta upah yang layak. Dengan perjuangan yang gigih, akhirnya tuntutan itu dikabulkan.

Untuk mengingat momentum bersejarah tersebut, kongres sosialis dunia menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional.

Indonesia sendiri telah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini