Dear Para PNS, Harusnya Bersyukur Dapat THR meski Tidak Full

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 320 2406718 dear-para-pns-harusnya-bersyukur-dapat-thr-meski-tidak-full-U5KQnkX6eG.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menanggapi keluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentang besaran THR tanpa tunjangan kinerja (tukin), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan di tengah pandemi seperti saat ini, harusnya bersyukur masih diberi THR.

“Kita harus bersyukur betul untuk pegawai negeri. Tolong teman-teman kepala daerah sampaikan kepada rekan-rekan di daerah. Ini dalam situasi kontraksi keuangan yang berat seperti ini, negara, pemerintah masih memberikan THR di luar tukin (tunjangan kinerja). Kita harus syukuri. Kita pegawai negeri masih bisa punya THR. Negara ini bangkrut baru kita ga punya. Lalu ga dapatkan,” katanya dalam Musrenbangnas, Selasa (4/5/2021).

Dia mengatakan bahwa PNS membayangkan pekerja-pekerja di sektor-sektor lain yang harus berjuang keras untuk mendapatkan THR. Apalagi bagi masyarakat yang tidak bekerja tentu tidak ada yang memberikannya THR.

“Dan kalau kita melihat pihak yang lain, masyarakat yang engga bekerja, yang nganggur , yang jumlahnya sekarang jutaan juga. Mereka tidak mendapatkan apa-apa. Siapa yang mau kasih THR,” lanjutnya.

Berbeda dengan PNS yang masih ada honor dan porsi belanja pegawai sangat besar di APBD, apalagi ditambah adanya THR.

“Jadi tolonglah teman-teman kepala daerah berikan pengertian kepada ASN di daerah-daerah syukurilah apa yang sudah ada. Sudah ada honor, belanja pegawai banyak sekali porsinya dalam struktur APBD. Ini harus diperbaiki. Sudah dikasih lagi THR, sudah syukur,” katanya dalam Musrenbangnas.

 

Baca Selengkapnya: THR PNS Tak Full, Mendagri: Bayangkan Teman-Teman di Swasta

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini