Lebaran Sebentar Lagi, Masih Banyak Aduan THR Tak Cair

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 320 2409062 lebaran-sebentar-lagi-masih-banyak-aduan-thr-tak-cair-dBy5GPNBlQ.jpg Uang Rupiah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Posko THR Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus menerima laporan mengenai pembayaran tunjangan hari raya (THR) dari pengusaha maupun pekerja.

"Data hingga sore kemarin laporan yang masuk baik konsultasi ataupun pengaduan sebanyak 2.215. Untuk konsultasi sejumlah 688, sedangkan pengaduan 1.527," ujar Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi saat dihubungi Okezone di Jakarta (11/5/2021).

Baca Juga: THR Tak Full hingga TKA China Masuk RI Bakal Rugikan Buruh

Dia menjelaskan pengaduan lebih banyak untuk yang tidak dibayar dan dicicil. Karena itu Tim satgas sedang mendalami dengan koordinasi dengan Dinas Naker Provinsi dan Kabupaten Kota

"Saat ini kita masih terus memilah dan menyortir kelengkapan setiap data pengaduan yang masuk untuk mempercepat penyelesaian kasusnya. Kita juga terus berkoordinasi dengan dinas-dinas tenaga kerja di daerah untuk menyelesaikan pengaduan pembayaran THR," katanya.

Baca Juga: THR Enggak Cair-Cair, Buruan Lapor ke Sini

Laporan yang masuk ke berasal dari berbagai sektor seperti ritel, perbankan, dan konstruksi dengan permasalahan yang diadukan seperti THR tidak dibayar sama sekali, dibayar sebagian, disalurkan bertahap dan dibayar bukan dalam bentuk uang.

Sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah telah mengeluarkan edaran yang mewajibkan pembayaran THR secara penuh dengan paling lambat disalurkan H-7 sebelum Lebaran.

Bagi perusahaan yang masih terdampak COVID-19 harus melakukan dialog dengan pekerja berdasarkan laporan keuangan yang transparan untuk mencapai kesepakatan. Dispensasi pembayaran bagi perusahaan terdampak pandemi sendiri adalah sehari sebelum Idul Fitri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini