Hari Kedua Lebaran, Ribuan Orang Nyebrang ke Kepulauan Seribu

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 320 2410128 hari-kedua-lebaran-ribuan-orang-nyebrang-ke-kepulauan-seribu-Tl3Wz9dpvs.jpg Pulau Pramuka Kepulauan Seribu. (Foto: Okezone.com(

JAKARTA - Pergerakan penumpang transportasi di wilayah aglomerasi Jabodetabek masih relatif terkendali pada masa larangan mudik lebaran. Tak terkecuali juga pergerakan penumpang di Pelabuhan Kaliadem yang masuk dalam kategori untuk diperbolehkan beroperasi pada masa larangan mudik. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pada hari ini tercatat ada sekitar 1.768 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Kaliadem menuju Kepulauan Seribu. Angka ini diprediksi akan meningkat pada akhir pekan besok.

“Pada hari Sabtu dan Minggu besok diperkirakan terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Kaliadem menuju ke Kepulauan Seribu,” ujarnya dalam keteranganya, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga: Airlangga: Masyarakat yang Tidak Mudik adalah Pahlawan Penanganan Pandemi

Oleh karena itu, Menhub meminta agar pengelolaan dan protokol kesehatan bisa dijalankan dengan benar. Misalnya saja mengenai pembatasan jumlah penumpang yakni 50% dari total kapasitas maksimal kapal.

Selain itu lanjut Menhub, pihak pengelola juga harus tetap konsisten dalam memeriksa suhu tubuh penumpang sebelum melakukan perjalanan. Kemudian, dirinya juga berharap bisa dilakukan random check Rapid Test Antigen kepada para penumpang.

“Kami ingin memastikan penerapan protokol kesehatan benar-benar diterapkan dengan baik, termasuk pelaksanaan pengecekan kesehatan secara acak menggunakan rapid antigen bisa dilakukan lebih masif,” jelasnya.

Baca Juga: 512.876 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Selama H-7 hingga Lebaran

Apalagi, jumlah pergerakan penumpang di Jabodetabek menjadi salah satu yang paling besar di wilayah Aglomerasi lainya. Maka, protokol kesehatan menjadi satu yang penting untuk mencegah penularan dan penyebaran virus pada masa larangan mudik.

“Pelabuhan Kaliadem dan Stasiun Manggarai merupakan simpul transportasi yang masih diperbolehkan beroperasi untuk melayani masyarakat di kawasan aglomerasi. Khususnya di Jabodetabek yang pergerakannya paling besar dibandingkan kawasan aglomerasi lainnya,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini