2.100 Penumpang Kereta Diprediksi 'Serbu' Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 320 2411129 2-100-penumpang-kereta-diprediksi-serbu-di-stasiun-gambir-dan-pasar-senen-pJhkcdwrMt.jpg Kereta Api (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat arus penumpang yang datang menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh (KAJJ) pada hari terakhir larangan mudik di Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih terpantau landai.

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, pada hari ini diperkirakan akan ada 2.100 penumpang kereta api jarak jauh yang akan tiba di Jakarta. Adapun rinciannya adalah di Stasiun Pasar Senen diperkirakan akan tiba 1.200 penumpang dan Stasiun Gambir adalah 900 penumpang.

Baca Juga: Usai Mudik, Ratusan Warga Muara Angke Bakal Dites Swab dan Diminta Isolasi Mandiri

Sementara itu, Jumlah Kereta Api (KA) yang datang juga masih terbatas sama dengan jumlah KA yang berangkat yakni 7 KA per hari. Dari 7 KA yang tiba di area Daop 1 Jakarta Pada Senin 17 Mei 2021 terdapat 4 KA tiba di Stasiun Gambir dan 3 KA lainnya tiba di Stasiun Pasar Senen.

“Untuk volume kedatangan hingga kini terpantau landai dan kondusif. Di Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 1.200 penumpang yang akan tiba hari ini, sementara di Stasiun Gambir terdapat sekitar 900 penumpang tiba,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Pemerintah Akui Larangan Mudik Tidak Berhasil 100%, tapi Bukan Berarti Gagal

Meskipun begitu lanjut Eva, jumlah penumpang yang datang ke Jakarta masih lebih rendah dibandingkan sebelum adanya larangan mudik. Pada masa pandemi sebelum larangan mudik, volume kedatangan Di Stasiun Pasar Senen berkisar hingga sekitar 5.000 penumpang, sedangkan untuk Stasiun Gambir berkisar hingga 3.500 penumpang.

“Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan volume kedatangan pada masa pandemi,” kata Eva.

Eva memastikan seluruh penumpang yang tiba di Gambir dan Pasar Senen telah memenuhi persyaratan kesehatan dan persyaratan perjalanan. Sebab perseroan telah melakukan pemeriksaan berkas persyaratan perjalanan dan surat bebas covid-19.

Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh penumpang berangkat di stasiun awal keberangkatan baik di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Adapun persyaratan surat bebas covid dilakukan dengan memperlihatkan surat Rapid Tes PCR, Antigen maupun GeNose C-19.

“PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan di masa pandemi konsisten diterapkan guna memdukung upaya pemerintah dalam hal penanganan Covid-19,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini