Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 Difinalisasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 320 2415032 jadwal-pendaftaran-cpns-2021-difinalisasi-pA94IymDKu.jpg CPNS 2021 Segera Dibuka. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka tahun ini. Ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang berniat untuk bekerja di instansi pemerintahan.

Mengingat, pada tahun lalu pemerintah tidak membuka pendaftaran CPNS karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pada tahun ini pemerintah kembali membuka pendaftara CPNS untuk memenuhi kebutuhan pegawai di pemerintah pusat dan daerah.

Lantas kapan pendaftaran dan tes CPNS akan dilakukan? Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah mempersiapkan diri untuk seleksi CPNS tahun ini.

Baca Juga: Gaji ke-13 PNS Cair Tanpa Tukin

Namun, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan jika seleksi masih dalam tahap finalisasi. Sambil menunggu beberapa proses yang harus diselesaikan.

“Untuk jadwal pelaksanaan seleksi ASN 2021 tengah difinalisasi oleh Tim CAT BKN sambil menunggu beberapa hal,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (25/5/2021).

Baca Juga: Ini Tata Cara Seleksi CPNS 2021 Bagi Peserta Positif Covid-19

Beberapa proses yang harus diselesaikan misalnya adalah seleksi Sekolah Kedinasan. Kemudian juga BKN harus melakukan penyiapan sistem SSCASN berupa integrasi penetapan kebutuhan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ke sistem SSCASN.

“Setting persyaratan oleh instansi, verifikasi dan validasi formasi oleh BKN, rekomendasi dari Satgas Covid Nasional, dan penentuan titik lokasi (Tilok) mandiri oleh instansi,” ucapnya.

Mengenai pembukaan pendaftaran, Paryono mengaku masih belum diketahui tanggal pasti dari pendaftaran CPNS dibuka. Karena pihaknya masih menunggu dikeluarkanya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan).

“Betul (tanggal pembukaan pendaftaran CPNS belum pasti, masih menunggu Permenpan keluar),” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini