Lulusan Kartu Prakerja Belum Mendapat Pekerjaan? Pemerintah Diminta Lakukan Ini

Hafid Fuad, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 320 2420962 lulusan-kartu-prakerja-belum-mendapat-pekerjaan-pemerintah-diminta-lakukan-ini-DTjSsHphpz.jpg Prakerja (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat ekonomi Indef Bhima Yudhistira menilai terkait kelanjutan kartu prakerja sebaiknya saat ini difokuskan untuk menciptakan pasar kerja. Dirinya mengkhawatirkan apabila pembukaan prakerja tidak disertai dengan kemampuan pemerintah untuk menurunkan pengangguran selama pandemi.

"Artinya lulusan kartu prakerja yang belum mendapat pekerjaan perlu disalurkan oleh pemerintah ke dunia usaha," ujar Bhima saat dihubungi Okezone di Jakarta (6/6/2021).

Baca Juga: Ayo Buruan Daftar, Kartu Prakerja Gelombang 17 Ditutup Besok Siang!

Bhima melihat perkembangan industri yang sudah mulai bergeliat ditunjukkan dengan PMI manufaktur 55,3 menjadi momen naiknya penyerapan tenaga kerja. Fungsi pemerintah juga harus menjadi fasilitator.

"Dunia usaha butuh berapa orang, maka lulusan prakerja bisa masuk ke sektor yang siap. Ini juga sebagai evaluasi hasil pra kerja apakah benar benar siap diserap dunia kerja," katanya.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja Dilanjutkan, Gelombang 17 Dibuka untuk 44.000 Peserta

Selain itu dia juga menambahkan untuk anggaran prakerja sebaiknya dialihkan ke bansos lain seperti melanjutkan subsidi upah hingga menunda pencabutan subsidi listrik 450 va dan 900 va.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini