Investasi Minuman Keras Dilarang, Perdagangan Miras Diizinkan

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 320 2421531 investasi-minuman-keras-dilarang-perdagangan-miras-diizinkan-wXL3I4rP9C.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2021 telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Peraturan tersebut mengenai Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Menurut pengamat ekonomi dari Indef Nailul Huda, dari sisi investasi ini tentu akan merugikan. Karena Indonesia juga masih memperdagangkan miras, namun memang banyak dari impor karena secara demand masih ada di dalam negeri.

"Tapi dalam sisi pengendalian konsumsi akan positif larangan investasi miras ini. Kalau perlu bisa diperketat saja menggunakan cukai yang sangat tinggi, sehingga demand konsumen berkurang," katanya.

Dia menilai langkah pemerintah sudah tepat dengan larangan tegas bagi investasi produksi miras. Sedangkan untuk perdagangannya diatur di UU terkait miras. "Jadi ada kepastian bagi investor. Bahwa tidak boleh investasi ke dalam produksi miras," ujar Huda saat dihubungi Okezone di Jakarta (7/5/2021).

Baca selengkapnya: Tidak Semua Investasi Miras Ditutup, Ini Kepastian bagi Investor

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini