6 Fakta BLT UMKM Cair Rp1,2 Juta, Nomor 5 Tunggu yang Punya Anggaran

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 14 Juni 2021 04:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 320 2423564 6-fakta-blt-umkm-cair-rp1-2-juta-nomor-5-tunggu-yang-punya-anggaran-rVdkvfwbOH.jpeg Uang Rupiah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - BLT UMKM kembali dicairkan oleh Pemerintah pada tahun ini. Diketahui, total bantuan yang akan diterima oleh pelaku usaha yakni sejumlah Rp1,2 juta. Adapun bantuan sebesar Rp1,2 juta tersebut ditujukan kepada 9,8 pelaku usaha.

Untuk pelaku usaha yang sudah menyerahkan berkas persyaratan ke Dinas Koperasi dan UKM di seluruh Indonesia, bisa mengecek ke lembaga penyalur terkait lolos atau tidaknya sebagai penerima BLT UMKM Rp1,2 juta tersebut.

Berikut adalah fakta pencairan BLT UMKM yang dirangkum Okezone, Senin (14/6/2021).

Baca Juga:  BLT UMKM Tahap 3 Cair? Cek Penerima di eform.bri.co.id/bpum

1. Cara cek BLT UMKM

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk salah satu yang ada dalam daftar penerima, Anda bisa mengeceknya di laman eform.bri.co.id/bpum. Usai membuka laman tersebut, kemudian masukkan nomor KTP dan kode verifikasi. Selanjutnya, silakan klik proses inquiry.

Jika ada notifikasi “Nomor e-KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM”, maka dipastikan Anda tidak termasuk sebagai penerima BLT UMKM.

2. Anggaran BLT

Anggaran BPUM yang telah disiapkan tahun 2021 ini sebesar Rp11,76 triliun. Bantuan ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Baca Juga: Cek Penerima BLT UMKM Rp1,2 Juta di eform.bri.co.id/bpum

3. BLT UMKM 2021 sudah cair untuk tahap kedua

BLT UMKM 2021 tahap kedua diketahui telah dicairkan kepada 9,8 juta penerima sebelum lebaran. Adapun nominal bantuan tersebut sebesar Rp1,2 juta.

"InshaAllah tersalurkan semua ke bank penyalur sebanyak 9,8 juta penerima," kata Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya kepada Okezone, Selasa (11/5/2021).

 

4. Pencairan tahap kedua masih kurang 3 juta penerima

Pemerintah telah mencairkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM Rp1,2 juta kepada 9,8 juta pedagang, beberapa waktu lalu. Namun, hal itu masih kurang dari target yang ditetapkan, yaitu 12,8 juta pelaku usaha penerima BLT UMKM.

Menanggapi hal itu, Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya menjelaskan, bahwa pihaknya telah mengajukan anggaran untuk penyaluran BLT UMKM ke 3 juta pedagang kepada Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (DJA Kemenkeu).

5. Kemenkop masih tunggu kepastian dari Kemenkeu

Dia mengaku belum bisa memastikan kapan pencairan BLT UMKM kepada 3 juta pelaku usaha itu akan dilaksanakan, karena hingga kini pihaknya masih menunggu jawaban dari DJA Kemenkeu.

"Anggaran juga belum ada. Lagi nunggu kepastian anggaran," kata dia.

6. Ada tiga bank penyalur resmi

Saat ini, sudah ada lembaga perbankan yang sudah menjalin kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk menyalurkan BLT UMKM sebesar Rp1,2 juta, yaitu Bank BRI, BNI dan Bank Aceh Syariah. Bank yang menyalurkan BLT UMKM sebesar Rp1,2 juta, yaitu Bank BRI, BNI dan Bank Aceh Syariah.

Bagi pelaku UMKM yang belum memiliki rekening di bank penyalur Banpres, nantinya akan dibuatkan rekening baru pada saat pencairan oleh bank penyalur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini