Anggaran Tambahan BLT UMKM Masih Belum Cair

Hafid Fuad, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 320 2430399 anggaran-tambahan-blt-umkm-masih-belum-cair-WK18BReJms.jpeg Uang Rupiah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM atau Kemenkop UKM saat ini masih menantikan pencairan anggaran dari Kementerian Keuangan untuk tambahan 3 juta penerima BLT UMKM atau BPUM.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Eddy Satriya mengatakan hingga kini masih menantikan cairnya anggaran untuk tambahan penerima BLT UMKM atau BPUM.

Baca Juga: Penerima BLT UMKM Tak Tepat Sasaran, Kemenkop Tindak Lanjuti Temuan BPK

"Saat ini sedang menunggu terbitnya DIPA dari Kemenkeu untuk 3 juta penerima dengan total biaya Rp 3,6 Triliun," ujar Eddy saat dihubungi Okezone di Jakarta (24/6/2021).

Dia mengatakan saat ini progres untuk BLT UMKM di 2021 baru masuk tahap dua. Sementara tahap pertama untuk 2021 sudah disalurkan ke bank penyalur sebelum lebaran. Diperkirakan dalam proses pencairan ke pelaku usaha mikro. "Jadi bagi UMKM yang sudah menerima, itu semua tahap 1 hingga sebelum lebaran lalu," katanya.

Baca Juga: Tumpang Tindih Data Penerima BLT UMKM Rp1,2 Juta

Sebelumnya pemerintah mengusulkan menambah calon penerima BPUM atau BLT UMKM sebanyak tiga juta orang. Namun hingga kini masih terganjal anggaran belum dicairkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Jadi tahap kedua ini yang kita rencanakan ada tiga juta penerima. Namun ini masih menunggu kepastian anggaran dari Kementerian Keuangan," katanya.

Eddy mengungkapkan, total anggaran yang direncanakan sebelumnya adalah Rp15,36 triliun. Untuk tahap pertama, total anggaran yang telah disediakan sebanyak Rp11,76 triliun dan diharap bisa tersalurkan kepada 9,8 juta penerima.

Dengan tambahan tiga juta penerima, maka penerima BPUM untuk tahun ini sebanyak 12,8 juta pelaku UMKM. Adapun tambahan anggaran yang dibutuhkan untuk mengalokasikan BLT UMKM kepada tiga juta penerima yakni Rp3,6 triliun. Masing-masing UMKM menerima sebesar Rp1,2 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini