4 Fakta Kartu Vaksin Jadi Syarat Perjalanan saat PPKM Darurat

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 03 Juli 2021 05:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 320 2434337 4-fakta-kartu-vaksin-jadi-syarat-perjalanan-saat-ppkm-darurat-s0KwMRpUWD.jpg Syarat Perjalanan Orang di PPKM Darurat. (Foto: Okezone.com/Angkasa Pura II)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan penerapan PPKM Darurat guna mengurangi penyebaran virus corona. Dalam aturan tersebut, syarat perjalanan orang menggunakan pesawat hingga kereta diwajibkan membawa kartu vaksin.

Adapun PPKM Darurat berlaku di Jawa dan Bali. Dengan waktu penerapan 3 Juli-20 Juli 2021.

Baca Juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Kartu Vaksin Jadi Syarat Naik Pesawat hingga Kereta

Okezone pun merangkum fakta-fakta menarik terkait PPKM Darurat dan kewajiban membawa kartu vaksin dalam berpergian, Sabtu (3/7/2021):

1. Syarat Berpergian Gunakan Kereta hingga Pesawat

Pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi jarak jauh seperti pesawat, bus dan kereta api harus menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin dosis I). Kemudian PCR H-2 untuk pesawat serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi jarak jauh lainnya.

Baca Juga: Akhirnya, Super Air Jet Kantongi Izin Terbang dari Kemenhub

2. Syarat Aturan Transportasi Umum

Untuk transportasi umum diberlakukan pengaturan maksimal 70% dari kapasitas. Serta wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

3. Perjalanan Naik Pesawat

Bertempat di area customer service Garuda Indonesia Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, penumpang hanya perlu menunjukan tiket penerbangan Garuda Indonesia yang telah dimiliki, serta Kartu Tanda Pengenal (KTP). Adapun layanan tersebut sudah tersedia mulai hari Rabu (30/6) pada pukul 08.00 – 14.00 WIB dan dapat diakses secara cuma-cuma.

"Penyediaan fasilitas pelayanan vaksinasi ini tentunya juga tidak terlepas dari dukungan Kementerian Kesehatan RI dan otoritas kesehatan terkait, yang turut mempercayakan Garuda Indonesia untuk ikut serta dalam menyukseskan program vaksinasi nasional ini. Lebih lanjut, dalam penyediaan fasilitas layanan vaksinasi ini, Garuda Indonesia akan menyesuaikan dengan ketersediaan alokasi dosis vaksin yang akan disediakan oleh otoritas terkait", jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan.

4. Perjalanan Naik Kereta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunggu ketentuan perubahan operasional dan aturan perjalanan Kereta Api, terkait pemberlakuan PPKM Darurat yang berlaku pada 3-20 Juli 2021.

“KAI selaku operator Kereta Api tentu akan mengikuti ketentuan yang ditetapkan pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 yang tengah meningkat termasuk dengan menerapkan PPKM Darurat,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada MNC Portal Indonesia.

Joni meminta masyarakat agar dapat beradaptasi dengan ketentuan baru yang akan diberlakukan di moda transportasi Kereta Api.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini