3 Fakta BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair untuk 3 Juta Pelaku Usaha

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 05 Juli 2021 04:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 320 2434524 3-fakta-blt-umkm-rp1-2-juta-cair-untuk-3-juta-pelaku-usaha-NXV49TQFNS.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - BLT UMKM atau BPUM kembali diberikan oleh pemerintah. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal menambah target penerima bantuan produktif untuk usaha kecil (BPUM) untuk UMKM. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan 3 juta UMKM berhak dapat bantuan Rp1,2 juta selama PPKM Darurat.

Berikut beberapa fakta-fakta yang dikumpulkan oleh Okezone terkait BLT UMKM yang cair yang dirangkum, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair Lagi, Buruan Cek Rekening

1. Menanti Anggaran Cair

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Eddy Satriya menyebut pihaknya saat ini masih menantikan pencairan anggaran dari Kementerian Keuangan untuk tambahan 3 juta penerima BLT UMKM atau BPUM.

Menurut dia hingga kini pihaknya masih menantikan cairnya anggaran untuk tambahan penerima BLT UMKM atau BPUM. "Saat ini sedang menunggu terbitnya DIPA dari Kemenkeu untuk 3 juta penerima dengan total biaya Rp3,6 Triliun," ujar Eddy saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 6 Fakta BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair Lagi, Buruan Cek Rekening

2. Bantuan Produktif

Sri Mulyani bilang, bantuan produktif lokasinya adalah Rp15,36 triliun, targetnya untuk 12,8 juta usaha mikro di mana mereka mendapatkan Rp1,2 juta bantuan produktif tunai.

"Pemberian 3 juta dengan bantuan 1,2 juta perusahaan ini yang bisa dimulai dan diakhiri nasi pada bulan Juli hingga September nanti untuk mendukung masyarakat," katanya.

3. Sudah Diberikan ke 9,8 Juta UMKM

Lanjutnya, kuartal I dan kuartal II BPUM ini baru terealisir 9,8 juta usaha kecil yang sudah menerima bantuan. Realisasinya Rp 11,76 triliun.

"Untuk PPKM darurat ini yang pada bulan Juli kita berharap sampai dengan September untuk sisa anggarannya Rp3,6 triliun bagi 3 juta UMKM bisa diberikan sehingga juga sekali lagi membantu masyarakat pada kondisi PPKM darurat," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini