Sri Mulyani: Kartu Prakerja Kurangi Stres dan Kegalauan Pencari Kerja

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 320 2436821 sri-mulyani-kartu-prakerja-kurangi-stres-dan-kegalauan-pencari-pekerja-gxKJL4fWEu.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana untuk melanjutkan program Kartu Prakerja pada semester II-2021.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kartu prakerja ini bisa mengurangi galau para pekerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Apalagi, seiring dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berlaku pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021 membuat banyak yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Kartu pekerja mengurangi stress dan kegalauan pekerja yang tidak memiliki pekerjaaan," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: Manajemen Tentukan Jadwal Pembukaan Kartu Prakerja, Begini Cara Daftarnya

Kata dia, pemerintah telah mengalokasika anggaran sebesar Rp 10 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk 2,8 juta peserta baru.

Rencananya, kelanjutan Kartu Prakerja akan dieksekusi pada Juli-Agustus 2021. "Program Kartu Prakerja untuk 2,8 juta peserta juga bisa dieksekusi di Juli-Agustus," bebernya.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Lagi untuk 2,8 Juta Orang

Menurut dia, semua kebijakan ini dilaksanakan dalam kerangka implementasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN) secara nasional, di mana telah dialokasikan anggaran dalam APBN tahun 2021 sebesar Rp699,43 triliun untuk bidang kesehatan, perlindungan sosial, program prioritas, dukungan UMKM dan korporasi, serta insentif usaha.

"Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat perlu bekerja keras bersama-sama agar penanganan Covid-19 dapat berjalan efektif dan pemulihan ekonomi dapat diakselerasi," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini