Permudah Pengguna Tol dan Rest Area di Jasa Marga, MNC Group Andalkan MotionBanking hingga MotionPay

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 320 2436878 permudah-pengguna-tol-dan-rest-area-di-jasa-marga-mnc-group-andalkan-motionbanking-hingga-motionpay-pQrn7QZYYr.png MNC Group Gandeng Jasamarga Related Business Kembangkan Properti dan Konten Digital (Foto: MNC Group)

JAKARTA - Empat unit bisnis MNC Group telah resmi menandatangani kerja sama dengan PT Jasamarga Related Business (JMRB). Dalam kerja sama ini akan meliputi jasa keuangan yang dimiliki MNC Group kepada merchant-merchant rest area di bawah naungan JMRB.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas JMRB Tita Paulina Purbasari mengatakan, saat ini di beberapa rest area yang dikelola Perseroan telah terdapat dompet digital untuk transaksi, dan tenant-tenant di rest area didominasi oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Jadi, memang yang kita tahu bahwa UMKM ini mungkin finansial literasinya masih kurang dan ini yang kami harapkan bisa kita bantu UMKM ini ke level yang lebih tinggi," ujar Tita dalam video conference Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: MNC Group dan Jasamarga Related Business Kembangkan Bisnis Properti dan Konten Digital 

Tita menambahkan, setidaknya terdapat beberapa jasa pelayanan yang masih dibutuhkan para merchant rest area di bawah naungan JMRB.

"Ada dua bagian yang mungkin dibutuhkan oleh tenant-tenant di rest area, salah satunya adalah kemudahan transaksi dan yang kedua akses untuk pendanaan ke tenant-tenant di rest area khususnya UMKM," kata dia.

Mengenai hal tersebut COO MotionBanking Teddy Tee mengatakan, terdapat berbagai layanan digital banking dimiliki pihaknya yang akan diberikan kepada para merchant dan para pengguna jalan tol.

"Dengan adanya kerja sama ini tentunya kami mau bahwa calon nasabah baru kami seperti merchant-merchant di rest area Jasa Marga dan pengguna Jasa Marga itu sendiri bisa mendapatkan layanan untuk membuka rekening secara online kapan saja dan di mana saja," ucap Teddy.

"Kita juga bisa mulai memanfaatkan keuntungan-keuntungan dan fitur-fitur layanan digital perbankan kami seperti penerimaan pembayaran non tunai melalui QRIS, kartu kredit, dan lain-lain untuk merchant kami. Kemudian, tabungan juga kita berikan bunga yang menarik dan tidak kalah penting akses ke pinjaman produktif," sambungnya.

Sementara itu, Managing Director MotionPay, Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan terdapat beberapa layanan jasa keuangan yang bisa dilakukan pihaknya kepada merchant di bawah naungan JMRB. Dia menjelaskan terdapat dua ruang lingkup, pertama, akuisisi merchant, di mana di setiap rest area tol yang ada di bawah naungan Jasa Marga akan dilengkapi dengan QRIS.

"Di mana setiap QRIS bisa dipakai oleh e-money atau e-wallet apapun karena sekarang kita ketahui dengan adanya fitur QRIS semua e-money yang sudah menerima izin dari Bank Indonesia itu sudah terhubung," ucap Jessica.

Dia berharap, dengan adanya akuisisi merchant ini bisa tersedia di setiap rest area, bukan hanya digitalisasi tapi juga memberikan kapabilitas contactless payment terutama dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Kedua, untuk mengembangkan QRIS TTS (Tarik, Transfer, Setor) yaitu inovasi baru yang telah dipelopori Bank Indonesia, jadi yang perlu kita ketahui memang ke depannya layanan pembayaran sudah menjadi digital, namun yang perlu harus kita sadari habbit masyarakat Indonesia kebanyakan menggunakan tunai, jadi kalau bisa kita enable QRIS TTS di setiap rest area tentunya akan membantu setiap orang, untuk juga ke depannya get access ke dalam inklusi keuangan ini," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini