Jokowi Alihkan Struktur Ekonomi RI dari Konsumsi ke Hilirisasi

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 320 2439828 jokowi-alihkan-struktur-ekonomi-ri-dari-konsumsi-ke-hilirisasi-qqA0KXHFCh.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Wdidodo mengatakan pemerintah telah bersikeras dan tengah serius menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pemerintah, kata dia telah menjamin selama pandemi akselerasi pertumbuhan ekonomi bagi berbagai sektor usaha dan ekonomi harus berjalan tak hanya dari bidang konsumsi.

"Struktur ekonomi kita di Indonesia di mana lebih 50% dikontribusikan dari konsumsi oleh masyarakat, harus perlahan kita alihkan ke produksi ke produktif yakni dengan mendukung industrialisasi, hilirisasi, investasi dan meningkatkan ekspor," kata Joko Widodo secara virtual, Selasa (13/07/2021).

Baca Juga: Menaker Tak Ingin PPKM Darurat Ciptakan Suasana Tak Kondusif bagi Pengusaha

Jokowi menjelaskan demi meningkatkan investasi terlebih di masa pandemi, investasi adalah kunci untama akselerasi dan pertumbuhan ekonomi dan pemerintah telah berupaya melalui Impelentasi Undang-Undang Cipta Kerja melalui penurunan aturannya.

"Kami berupaya melalui UU Cipta Kerja untuk meningkatkan ekosistem ekonomi dan aktifitas perusahaan di Indonesia serta memberikan perlindungan bagi koperasi UKM dan banyak perizinan serta insentif yang diharapkan investor bisa semakin tertarik berinvestasi khusunya dalam negeri," papar Jokowi.

Baca Juga: Kadin: 10,5 Juta Daftar Vaksin Gotong Royong

Dalam kesempatannya Jokowi menegaskan Per Juli 2021 sistem online Submition (OSS) berbasis risiko harus menjadi acuan tunggal bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Untuk menciptakan pemerataan ekonomi pemerintah terus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang ingklusif dan berkelanjutan dengan membentuk Satgas percepatan investasi," tuturnya.

Itu mengacu kepada Keputusan Presiden No.11 Tahun 2021 untuk menyelesaikan permasalahan- permasalahan yang dihadapi pelaku usaha dan mendorong pelaku usaha dengan UMKM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini