Jokowi Jamin Akses Investasi UMKM dan Koperasi Setara dengan Investor Besar

Antara, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 320 2439968 jokowi-jamin-akses-investasi-umkm-dan-koperasi-setara-dengan-investor-besar-aUDLfekq7G.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin pemerintah akan memberikan akses yang setara untuk investor berbasis UMKM dan koperasi, dengan investor bernilai besar.

Menurut Presiden Jokowi dalam Investor Daily Summit yang dihadiri secara virtual, Selasa, di Jakarta, tidak hanya investor besar dan investor asing, investor dari UMKM dan koperasi juga memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat dan berperan memajukan ekonomi bangsa.

Karena itu akses dan keleluasaan berinvestasi juga harus diberikan kepada investor berbasis UMKM dan koperasi.

“Saya ingin menggarisbawahi kalau investasi jangan hanya dilihat sebagai investor besar, hanya investor besar, pemerintah juga beri akses yang setara untuk golongan UMKM dan koperasi,” kata Jokowi, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Reformasi Struktur Ekonomi, Jokowi: Investasi Kunci Utama Pemulihan

Pemerintah, lanjutnya, terus mendorong kemudahan berinvestasi bagi berbagai pihak. Pemerintah, kata dia, juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi, yang berlandaskan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2021.

“Satgas ini bertugas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pelaku usaha serta mendorong kerja sama investor besar dengan UMKM,” ujarnya.

Kemudahan bagi pelaku UMKM dan koperasi, kata Presiden, juga diberikan dengan menerapkan perizinan tunggal secara daring (online single submission) berbasis risiko yang menjadi acuan bagi seluruh pengambil kebijakan untuk menerbitkan perizinan.

Baca Juga: Ada Anggaran Hampir Rp700 Triliun Atasi Dampak PPKM Darurat

“Ini dalam rangka perizinan usaha yang secara elektronik, cepat, dan efisien,” ucap Presiden Jokowi.

Kemudahan perizinan dan usaha juga, kata Presiden, telah diakomodir dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Produk legislasi dengan metode Omnibus Law itu diharapkan memberikan perlindungan kepada UMKM dan koperasi, selain kemudahan perizinan.

“Penyederhanaan perizinan berusaha di pusat dan daerah, penerapan izin berusaha berbasis risiko, serta berbagai insentif lain diharapkan bisa meningkatkan minat investor khususnya dari dalam negeri,” kata Presiden Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini