Idul Adha, Pasokan Hewan Kurban 1,7 Juta Ekor Dipastikan Cukup

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 320 2442984 idul-adha-pasokan-hewan-kurban-1-7-juta-ekor-dipastikan-cukup-6Ld9MZGEtg.jpg Hewan Kurban (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan memastikan pasokan hewan kurban selama periode Idul adha 1443 H aman.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan terjadi penambahan suplai sapi sebanyak 13 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Saat ini, pasokan hewan kurban terutama sapi sangat mencukupi, terutama untuk kebutuhan Idul Adha. Ada penambahan 13% sapi dibandingkan bulan sebelumnya. Pemerintah akan selalu berupaya menjaga ketersediaan sapi agar masyarakat dapat menunaikan ibadah kurban dengan tenang,” ujar Oke melalui keterangan tertulis, Senin (19/07/2021).

Baca Juga: Raup Cuan, Kisah Wanita Pakistan Jual 700 Hewan Kurban Secara Online

Pihaknya juga menyampaikan saat untuk stok hewan kurban saat ini mencapai 1,7 juta ekor. Kemendag juga meminta kepada perusahaan untuk terus mendukung

Pemerintah dalam menjaga ketersediaan sapi bakalan agar masyarakat mendapatkan pilihan hewan kurban dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Lewat MNC Peduli, MNC Sekuritas Bersama Mitra Bisnis Salurkan Hewan Kurban Idul Adha

"Berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian,hewan kurban yang tersedia untuk periode Idul Adha 2021 sebanyak 1.767.522 ekor, terdiri atas sapi, kerbau, kambing dan domba," ungkapnya.

Disamping itu, berdasarkan hal tersebut, maka Kemendag menghimbau masyarakat tidak perlu khawatir adanya kekurangan pasokan sapi pada periode Iduladha tahun ini.

"Untuk menjamin stok tetap tersedia di pasar, Kemendag melakukan sejumlah pertemuan dengan perusahaan penggemukan sapi untuk mendapatkan informasi kondisi pasokan yang dimiliki masing-masing perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini