Strategi Bertahan Hidup Dua Musisi di PPKM Level 4, Berimbas ke Kantong dan Karier!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 320 2450899 strategi-bertahan-hidup-dua-musisi-di-ppkm-level-4-berimbas-ke-kantong-dan-karier-cggtxWl7xe.jpg Dampak PPKM pada Musisi. (Foto: Okezone.com/Unsplash)

JAKARTA - Pemerintah kembali menetapkan untuk memberikan BLT Subsidi Gaji pada masa pemberlakuan PPKM Level 4. Bantuan ini diberikan untuk membantu ekonomi dan daya beli pekerja/buruh di masa pandemi,

Lalu bagaimana dengan para pekerja seni dalam hal ini musisi?

Untuk bisa bertahan hidup, pekerja yang mengandalkan suara sebagai sumber utama penghasilan itu kini dituntut memutar otak agar ada pemasukan. Ya, biar kantong enggak kopong.

MNC Portal mewawancarai 2 musisi dengan latar berbeda dan mencari tahu bagaimana dampak PPKM Level 4 menggerogoti kehidupan mereka. Tak hanya itu, solusi pun coba ditawarkan oleh mereka agar penghasilan tetap didapat di masa sulit seperti sekarang.

Baca Juga: BLT UMKM Rp1,2 Juta Tahap 2 Cair, Total 12,8 Juta Pelaku Usaha Dapat BPUM

Rizky Anjas (G.A.Z.E), musisi yang berkecimpung dalam dunia electronic dance music(EDM) ini mengaku PPKM Level 4 benar memberi dampak tak sedap dalam karier bermusiknya. Bukan sekadar tak ada penghasilan, tapi kesenangan pribadi melihat music performing pun jadi terbatas.

"Jujur saya tidak bisa mengepakkan sayap ke beberapa tempat atau kolektif EDM di Jakarta, karena keterbatasan gerak yang ada selama PPKM ini," kata Anjas yang juga seorang DJ dan produser musik EDM pada MNC Portal melalui pesan singkat, Senin (2/8/2021).

Maksud Anjas, harusnya bisa kayak datengin event dari teman-teman kolektif EDM, dapat link, juga dapat kesempatan untuk bisa perform, tapi karena PPKM Level 4, sayangnya itu semua harus berhenti atau di-pause.

"Jadi, ya, lumayan terdampak. Harusnya bisa main di beberapa tempat, jadinya malah kesempatan itu hilang atau enggak bisa dilakukan dulu untuk sekarang ini," paparnya.

Baca Juga: Cek Rekening Ya! BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair

Lalu, bagaimana DJ yang lebih dikenal dengan nama G.A.Z.E itu bisa survive di masa pandemi Covid-19?

"Saya mengandalkan pekerjaan sebagai penyiar di salah satu radio swasta di Jakarta. Jadi, penghasilan utamanya dari pekerjaan itu. Kerjaan sampingan seperti voice over atau beberapa proyek yang terkait dengan musik lainnya juga kadang masuk," ungkap Anjas.

Sebagai musisi, Anjas pun punya harapan besar agar dunia musik bisa bangkit kembali. Sebab, dirinya sudah sangat rindu untuk bisa lihat live performance atau berada langsung di tempat dengan crowd yang bikin vibes jadi lebih hidup.

"Kalau untuk musisi atau pekerja kreatif itu sih harapannya. Bisa perform lagi dan ngerasain vibes crowd seperti sebelum pandemi," ujarnya.

Namun Anjas cukup yakin bahwa harapan tersebut bisa segera terwujud terlebih vaksinasi untuk pekerja kreatif sudah dilakukan. Karena itu, dia pun meminta kepada teman-teman sesama musisi atau pekerja kreatif untuk segera divaksin.

"Buat teman-teman yang belum divaksin, yuk segera divaksin untuk membantu percepatan kembalinya kondisi ke normal lagi," katanya bersemangat.

Solusi lain yang coba ditawarkan DJ satu ini adalah bagi para musisi yang mungkin ada kesempatan untuk perform, ada baiknya pihak panitia meminta si musisi menunjukkan bukti vaksinasi.

"Tak hanya itu, orang-orang yang datang langsung di-filter dan di-tracing sedemikian rupa sejak awal mereka datang sampai ke tempat si musisi tampil. Menurut saya juga soal durasi tampil dan jumlah pengunjung harus dibatasi tetapi untuk mulai dilakukan live musik sangat mungkin. Pelan-pelan," sarannya.

Cerita berbeda datang dari Agung Akhdani. Salah seorang talent Holywings Records ini mengaku benar-benar tak ada pemasukan sejak PPKM Level 4. Ini yang membuatnya putar otak jadi penjual online.

"PPKM Level 4 sangat berdampak bagi saya, karena mata pencaharian saya sebagai musisi benar-benar tidak ada penghasilan," curhatnya melalui pesan singkat.

Agung melanjutkan, kini dirinya mengandalkan uang tabungan yang dimiliki untuk bertahan hidup. "Saya juga coba jualan produk barang secara online agar bisa mendapat penghasilan," tambahnya.

Penyanyi yang bermain di panggung-panggung Holywings itu pun sangat berharap agar pemerintah menyediakan solusi yang konkrit untuk musisi semacam dia yang benar-benar tidak ada pemasukan selama PPKM Level 4.

"Kami sebagai musisi berharap sekali agar kami masih bisa bekerja, tidak seperti ini tanpa penghasilan. Harapan terbesar tentu saja agar pandemi ini berakhir supaya kehidupan normal bisa segera kita semua rasakan kembali," tuturnya.

"Saya pun berharap sekali agar pemerintah bisa bekerja sama dengan pihak swasta untuk lebih memberikan panggung online misalnya untuk seluruh musisi. Contohnya musik cafe. Mungkin pemerintah juga bisa kasih pelonggaran di masa PPKM ini agar kami sebagai musisi bisa kembali bekerja," tambahnya menghaturkan harapan besar.

Baca pembahasan seputar BLT Subsidi Gaji selengkapnya di IDXChannel.com melalui link berikut https://www.idxchannel.com/tag/BLT-Subsidi-gaji

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini