Masuk Mal Wajib Bawa Kartu Vaksin, APPBI: Itu Inisiatif

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 320 2451716 masuk-mal-wajib-bawa-kartu-vaksin-appbi-itu-inisiatif-9JuCDasKPu.jpg Masuk Mal Wajib Bawa Kartu Vaksin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Beberapa mal atau pusat perbelanjaan diinformasikan akan kembali dibuka. Dalam selebaran pengumuman tersebut, memperlihatkan manajemen mal memberlakuan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk bagi seluruh pengunjung.

Menaggapi hal ini, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan sampai dengan saat ini belum ada keputusan resmi pemerintah yang mewajibkan ataupun mengatur pemberlakuan tersebut.

“Tapi saat ini memang sudah ada beberapa pusat perbelanjaan khususnya yang berada di DKI Jakarta yang telah berinisiatif untuk menerapkannya,” katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (6/8/2021).

Baca Juga: Anies Keluarkan Kepgub, Pengunjung Warkop hingga Mal Wajib Divaksin

Inisiatif yang dijalankan itu, kata Alphonzus, dilatarbelakangi oleh keseriusan dan komitmen pusat perbelanjaan untuk terus selalu meningkatkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 agar pusat perbelanjaan senantiasa menjadi satu fasilitas masyarakat yang aman dan sehat untuk dikunjungi.

Menurutnya, persyaratan penunjukkan sertifikat vaksinasi di pusat perbelanjaan dapat mendorong masyarakat untuk melakukan vaksin sehingga pada akhirnya dapat mempercepat pencapaian herd immunity.

“Tentunya pemerintah juga harus memastikan ketersediaan dan kemudahan vaksinasi bagi semua masyarakat terutama yang berada di luar kota-kota besar,” katanya.

Berkenaan dengan dibukanya pusat perbelanjaan atau mal di sejumlah daerah, dia mengimbau agar pemerintah memastikan e-certificate vaksin dapat benar-benar berjalan baik dan lancar supaya tidak ada kendala pada saat melakukan verifikasi di lapangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini