Harga Tes PCR Turun, AP I Pede Penerbangan Bangkit Lagi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 320 2458480 harga-tes-pcr-turun-ap-i-pede-penerbangan-bangkit-lagi-orrsoXEv4b.jpg Harga tes PCR dan Antigen Turun (Foto: Okezone)

JAKARTA - Batas tarif tertinggi pemeriksaan tes PCR di Pulau Jawa-Bali sebesar Rp495.000 sementara diluar Pulau Jawa-Bali dipatok harga Rp525.000.

PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan harga tes PCR kepada masyarakat. Pasalnya, pada masa pandemi masyarakat yang berkeperluan khusus diizinkan melakukan penerbangan dengan syarat menunjukkan hasil negatif swab PCR.

Namun, sebelumnya masyarakat dibebankan dengan harga tes PCR yang mahal. Bahkan tanpa dipungkiri harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket pesawat.

Baca Juga:  Harga Tes PCR Turun, Dirut Garuda Berharap Jumlah Penumpang Naik

Seiring proses berjalan, harga tes PCR diturunkan oleh pemerintah. Hal itu berdampak baik bagi sektor penerbangan yang sebelumnya sempat lesu lantaran sepi penumpang.

“Kami menyambut baik kebijakan pemerintah yang menurunkan harga tes PCR. Selain dapat membantu meningkatkan jumlah tes covid-19, sehingga penularan covid-19 dapat lebih terkendali, turunnya biaya RT-PCR ini juga akan membuka harapan bagi sektor penerbangan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam keterangan resmi, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga:  Kok Harga Tes PCR Belum Turun Jadi Rp495.000? Ternyata Ini Alasannya

Dia juga menuturkan dengan penanganan Covid-19 yang lebih terkendali akan meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara sehingga trafik penerbangan dapat perlahan meningkat.

“Sehingga dengan demikian, layanan tes PCR yang difasilitasi oleh Angkasa Pura I juga mengikuti harga terbaru dari pemerintah,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang hendak menggunakan layanan moda transportasi udara, dapat melakukan tes PCR pada bandara yang memiliki layanan kesehatan tersebut.

Seperti pada bandara di Jawa-Bali tersedia di Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Yogyakarta-Kulon Progo, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sedangkan bandara di luar Pulau Jawa-Bali yang memiliki layanan tes PCR yaitu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini