Kabar Gembira, Sertifikasi Halal UMKM Terbit 21 Hari Kerja

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 320 2461066 kabar-gembira-sertifikasi-halal-umkm-terbit-21-hari-kerja-9sBPJSZfoy.jpg Sertifikasi Halal UMKM Terbit 21 Hari Kerja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa pengajuan sertifikasi halal untuk UMKM dapat dapat diberikan dalam kurun waktu 21 hari kerja. Hal ini sebagai langkah Kemenkop yang berkomitmen dan konsen mendukung akselerasi pengembangan industri halal produk UMKM.

"Dalam kurun waktu kurang dari 21 hari kerja serifikasi halal yang kami fasilitasi dapat terbit dan bisa diserahkan kepada pelaku usaha mikro," katanya dalam acara Sinergi Akselerasi UMKM Industri Halal, pada kanal Youtube Kementerian Keuangan, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga: UMKM Butuh Pengusaha Besar yang Menguntungkan

Teten menjelaskan, pengembangan industry halal harus sejalan selaras dengan kebijkan pro UMKM seperti penyederhanaan dan percepatan perizinan fasilitas serifikasi halal, program pembinaan melalui pusat-pusat inkubasi usaha halal, diberbagai daerah sebagai pusat pembinaan.

Untuk itu Menkop UKM menyebut akan dibangun pusat-pusat bisnis syariah atau Syariah Business Center, yang didukung nantinya oleh infrastruktur digital sebagai sarana interaksi antar pelaku UMKM syariah.

Baca Juga: BUMN Bantu UMKM, Erick Thohir: Bukan Lip Service

Selain itu penguatan Sumber Daya Manusia dengan memberikan pelatihan dan pendampingan standarisasi sertifikasi produk juga akan dilakukan melalui program pembinaan pada inkubasi terpusat diberbagai daerah 

"Lalu pembentukan satgas percepatan ekspor bagi UMKM yang memberikan solusi terbaik, terkait permasalahan ekspor dan mendorong produk UMKM Indonesia ke pasar global," sambungnya.

Menkop Teten Berharap, dengan adanya akselerasi pengembangan industry halal ini dapat menjadi sebuah peluang untuk mendukung UMKM dan mendorong kebangkitan Ekonomi Nasional.

"Saya berharap akselerasi pegembangan industry halal ini dapat menjadi momentum Gerakan kita bersama, untuk mendukung pengembangan UMKM dan mendorong kebangkitan ekonomi pasca pandemic dan menjadikan produk halal Indonesia berdaya saing di dunia internasional," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini