Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung Senilai Rp1,78 Triliun

Antara, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 470 2465158 jokowi-resmikan-bendungan-way-sekampung-senilai-rp1-78-triliun-GCYRTfUtpt.png Jokowi Resmikann Bendungan Way Sekampung (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Way Sekampung, Kabupaten Piringsewu, Provinsi Lampung, yang memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan hingga 800 hektare.

“Bendungan ini multifungsi, bisa untuk irigasi, kemudian untuk air baku, juga untuk pembangkit listrik serta pengendalian banjir,” kata Presiden Jokowi yang disiarkan langsung kanal Youtube resmi Sekretariat Presiden dari Piringsewu, Lampung, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: Bakal Diresmikan Jokowi, Intip Penampakan Bendungan Way Sekampung

 

Bendungan yang dibangun sejak 2016 tersebut menghabiskan dana Rp1,78 triliun. Bendungan tersebut mampu mengairi 55 ribu daerah irigasi saat ini (existing), dan 17.500 hektar daerah irigasi baru.

Presiden mengatakan kemampuan pengairan dari bendungan ini menunjukkan ekstensifikasi yang diharapkan berkontribusi meningkatkan produktivitas pertanian.

Selain untuk pertanian, bendungan ini juga mampu menyediakan air baku sebanyak 2,737 liter per detik, kemudian menjadi sumber pembangkit tenaga listrik 5,4 Megawatt, dan menjadi pengendali banjir.

Presiden mengharapkan dengan adanya bendungan ini, intensitas tanam dapat meningkat menjadi tiga kali setahun dari sebelumnya dua kali setahun, sehingga produksi pangan akan terus bertambah.

"Dengan manajemen air dari hulu sampai hilir sistem cascade, Way Sekampung ini, ketersediaan air di salah satu lumbung pangan nasional, kita harapkan dapat kita jaga kontinuitasnya, terus berproduksi dan meningkatkan produksinya," ujarnya.

Turut hadir dalam peresmian itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung ​​​​​​, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Polri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan para kepala daerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini