Share

5 Fakta Kartu Prakerja Gelombang 20, Nomor 4 Bisa Dapat Rp3,5 Juta

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 04 September 2021 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 320 2465422 5-fakta-kartu-prakerja-gelombang-20-nomor-4-bisa-dapat-rp3-5-juta-4aGbijCI72.jpg Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 Segera Dibuka. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kartu Prakerja Gelombang 20 segera akan dibuka. Bagi peserta yang kemarin gagal pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 19, bisa mencoba lagi pada Gelombang 20.

Program Kartu Prakerja merupakan salah satu bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah di tengah pandemi. Melalui Kartu Prakerja, masyarakat yang tadinya kehilangan pekerjaan dapat mendapat keahlian lain dengan mengikuti tahap pelatihan di Kartu Prakerja.

Okezone pun merangkum fakta-fakta menarik Kartu Prakerja Gelombang 20, cara mengikuti pendaftaran dan insentif yang diterima nantinya, Sabtu (4/9/2021):

1. Belum Ada Penetapan Waktu Kartu Prakerja Gelombang 20

Peserta yang belum mendaftar atau lolos Kartu Prakerja Gelombang 19, bisa mempersiapkan diri untuk pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20. Sebab, pada semester II-2021, pemerintah menyiapkan anggaran tambahan Rp10 triliun dengan total kuota 2,8 juta peserta.

Baca Juga: Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 Dibuka? Berikut Cara Daftar di prakerja.go.id

Namun yang perlu diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 baru dibuka di Agustus 2021. Artinya Kartu Prakerja Gelombang 20 ada kemungkinan bakal dilaksanakan pada September 2021 ini.

2. Peserta yang Bisa Ikut Prakerja

Pendaftar program Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan maupun pelaku wirausaha namun tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Baca Juga: Simak! 7 Manfaat Kartu Prakerja

Selain itu, penerima Kartu Prakerja tidak boleh tercatat di DTKS Kemsos, bukan penerima BSU, BPUM, bukan TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, dan atau DPRD.

3. Cara Daftar Kartu Prakerja

Langkah-langkah mendaftarkan diri. Pertama www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer. Lalu siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) serta Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.

4. Insentif yang Didapat

Jika lolos pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20, peserta akan mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp2,4 juta yang akan diberikan bertahap yakni Rp600 ribu 4 bulan. Kemudian dana insentif pengisian 3 survei dengan total Rp150 ribu.

Selanjutnya, demi pemerataan, setiap KK dibatasi maksimal 2 anggota keluarga dan mereka yang sudah pernah menerima tidak dapat lagi menjadi penerima.

5. Jangan Lupa Ikut Pelatihan Ya

Head of Communication Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan saldo pelatihan Rp1 juta yang dikirimkan ke rekening virtual dan prosesnya membutuhkan waktu.

"Karena itu para peserta yang lolos seleksi harap memeriksa dashboard secara berkala," katanya.

Saldo pelatihan ini dapat digunakan untuk membeli pelatihan, bentuknya adalah 16 angka Nomor Kartu Prakerja. "Cara menggunakannya sama seperti kalau kita menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk berbelanja secara online," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini