5 Tanaman yang Bikin Rumah Nyaman dan Berwarna

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Minggu 12 September 2021 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 470 2470016 5-tanaman-yang-bikin-rumah-nyaman-dan-berwarna-k6kosU2LA2.jpg Tanaman di Dalam Rumah. (Foto: Okezone.com/Thespruce)

JAKARTA - Mayoritas kegiatan selama pandemi virus corona dilakukan di rumah. Karena itu, suasana rumah pun harus diciptakan nyaman dan segar, supaya semua aktivitas bisa menyenangkan.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah menaruh tanaman di rumah. Terdapat berbagai tanaman bunga yang dapat dirawat di rumah. Terlebih, tanaman ini bisa menambah warna dan suasana di dalam ruangan rumah.

Merawat tanaman di dalam rumah tak berarti harus menjadi ahli tanaman. Sebab, sebagian tanaman masih bisa hidup dan beradaptasi dengan berbagai pencahayaan di rumah.

Baca Juga: 7 Jenis-Jenis Lantai dan Keuntungannya

Salah satu tips merawat bunga di rumah adalah memisahkan bunga yang mekar dan daun yang menguning dengan bunga yang masih akan tumbuh. Gunanya, supaya energi dapat sepenuhnya menyerap untuk tanaman baru.

Berikut 5 tanaman yang dapat ditanam dengan mudah di rumah, seperti dilansir dari Real Simple, Minggu (12/9/2021),

1. Anggrek

Tanaman anggrek biasa menjadi pilihan pertama banyak orang saat ingin menanam bunga di dalam rumah.

Meski kadang menjadi bunga yang "rewel", anggrek sebenarnya cukup mudah tumbuh dengan perawatan yang tepat. Contohnya, gunakan tanah yang tepat dan pastikan untuk menyirami tanaman tepat setelah tanahnya mengering.

2. Kalanchoe

Kalanchoe memiliki warna cerah yang bervariasi saat mekar. Ini membuat kalanchoe menjadi tanaman indoor yang cukup menonjol.

Baca Juga: 5 Tips Menata Dapur Cantik, Ingat Jangan Simpan Banyak Barang

Menurut ahli holtikultura Joyce Mast, kalanchoe cocok diletakkan di bawah sinar matahari. Menempatkannya di ambang jendela dapat menjadi ide yang bagus.

3. Krisan

Tanaman krisan dapat menjadi pilihan untuk menanam bunga di ruangan dengan mudah. Meski begitu, Mast mengatakan krisan membutuhkan sedikit perawatan ekstra selain menjaga tanah tetap lembab dan memastikan pot memiliki drainase yang baik.

4. Cyclamen

Cyclamen cocok untuk mencerahkan suasana di cuaca yang dingin. Saat mekar, bentuknya seperti hati yang cerah.

Menurut Mast, tanaman ini bisa bertahan sekitar delapan minggu dengan pertumbuhan yang tepat. Anda juga perlu menjaga tanahnya agar tetap lembab namun tak ada genangan air.

5. Amarilis

Bunga ini populer dan tumbuh di musim dingin. Di Indonesia, amarilis biasa tumbuh pada bulan November dan Desember.

Untuk membuatnya mekar dengan baik, letakkan bunga di jendela yang cerah dan menghadap ke selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini