Pengertian Pendapatan Nasional

Hafid Fuad, Jurnalis · Senin 20 September 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 320 2474131 pengertian-pendapatan-nasional-774L9khVPe.jpg Pengertian Pendapatan Nasional (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengertian pendapatan nasional dan manfaat pendapatan nasional sangat penting. Alasannya penggunaan anggarannya dikembalikan lagi untuk mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, pendapatan nasional memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia.

Menurut Sadono Sukirno dalam buku Pengantar Teori Makroekonomi, pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk memproduksikan barang dan jasa dalam suatu tahun tertentu.

Pendapatan nasional sendiri merupakan nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam suatu negara, dalam kurun waktu tertentu. Prinsip ini mewakili konsep Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross domestic Product (GDP) dan Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP).

Pendapatan nasional adalah indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu negara dalam periode tertentu.

Baca Juga: Pendapatan Emak-Emak Naik, Infrastruktur Digital Perlu Dikebut

Pendapatan nasional adalah PDB, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. Pada dasarnya PDB merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu.

PDB atas harga berlaku berarti menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga berlaku pada setiap tahun. Sedangkan PDB atas dasar konstan menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga berlaku pada satu tahun tertentu sebagai dasar.

Baca Juga: Pendapatan Masyarakat Bali Turun, Sri Mulyani Kesulitan Salurkan Bansos

PDB dan PNB atas dasar harga berlaku dapat digunakan untuk melihat pergeseran dan struktur ekonomi. Sedangkan harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ketahun.

Sementara faktor – faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional adalah:

1. Permintaan dan penawaran agregat.

Permintaan agregat adalah suatu daftar keseluruhan barang dan jasa yang akan dibeli oleh sektor perekonomian pada berbagai tingkatan harga. Permintaan penawaran agregat menunjukan antara hubungan keseluruhan permintaan terhadap barang dan jasa sesua dengan tingkatan harga.

2. Konsumsi dan Tabungan.

Konsumsi adalah pengeluaran total untuk memperoleh barang dan jasa dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu satu tahun, sedangkan tabungan adalah bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk konsumsi.

3. Investasi.

Investasi adalah semua pengeluaran yang diguakan untuk menciptakan modal baru. Tujuan dari investasi adalah untuk mengganti bagian modal yang sudah rusak dan menambah penyediaan modal yang ada

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini